Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Surakarta Siap Jadi Pilot Project Penyederhanaan Birokrasi di Lingkup Pemda

Pemkot Surakarta menyatakan kesiapannya jadi pilot project penyederhanaan birokrasi melalui pengalihan jabatan administrasi ke jabatan fungsional.

Surakarta Siap Jadi Pilot Project Penyederhanaan Birokrasi di Lingkup Pemda
Humas Kementerian PANRB
Pemkot Surakarta menyatakan kesiapannya untuk menjadi pilot project (proyek percontohan) penyederhanaan birokrasi melalui pengalihan jabatan administrasi ke jabatan fungsional di lingkungan pemerintah daerah. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo mengamanatkan pemerintah terus melakukan langkah akselerasi demi terciptanya birokrasi yang fleksibel, gesit, dan profesional melalui penyederhanaan birokrasi

Pemerintah Kota Surakarta menjadi satu di antara instansi di tingkat daerah yang berkomitmen melaksanakan percepatan reformasi birokrasi melalui transformasi jabatan administrasi ke jabatan fungsional. 

Pemkot Surakarta menyatakan kesiapannya untuk menjadi pilot project (proyek percontohan) penyederhanaan birokrasi melalui pengalihan jabatan administrasi ke jabatan fungsional di lingkungan pemerintah daerah. 

Baca juga: Janji Gibran saat Dapat Laporan Banyak Pemotor Tergelincir di Alun-alun Utara Keraton Solo

Hal ini disampaikan oleh Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa dalam acara Asistensi Penyederhanaan Birokrasi melalui Penyetaraan Jabatan di Lingkungan Pemerintah Kota Surakarta, di Kota Surakarta

Teguh menyampaikan melalui penyetaraan jabatan administrasi ke fungsional nantinya diharapkan setiap pegawai di lingkup Pemerintah Kota Surakarta dapat semakin giat untuk meningkatkan kompetensi dan prestasinya, yang pada akhirnya akan mendorong peningkatan kualitas kinerja organisasi. 

“Dengan reformasi birokrasi ini, perangkat daerah sudah tidak seperti kemarin-kemarin. Hal yang disoroti adalah kompetensi, bukan lagi karena kedekatan dengan pimpinan,” ujar Teguh dalam keterangan tertulis, Kamis (20/5/2021).

Baca juga: Istri Raja Solo Paku Buwono XII, KRAy Retnodiningrum Meninggal Dunia, Dikebumikan di Makam Imogiri

Hal ini pun diamini oleh Asisten Deputi Manajemen Karier dan Talenta SDM Aparatur Kementerian PANRB Aba Subagja. 

Penyederhanaan birokrasi nantinya akan memperlihatkan pegawai yang kompeten dan yang tidak. Aba mengingatkan, dalam pengalihan jabatan administrasi ke jabatan fungsional, hal yang disoroti adalah pola kariernya. 

Ini menjadi hal penting untuk menjamin kepastian dan pengembangan karier pasca penyederhanaan birokrasi

“Presiden menginginkan adanya proses yang baik. Pesan beliau juga jangan sampai penyetaraan jabatan merugikan yang bersangkutan,” imbuhnya. 

Halaman
12
Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Theresia Felisiani
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas