Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Sulitnya Pemasaran hingga Mutu yang Belum Terstandarisasi Bikin UMKM di Lombok Utara Gulung Tikar

Sebagai solusi, Ekosis telah menyediakan platform jual beli khusus agribisnis yang memungkinkan UMKM terhubung dengan pembeli secara digital

Sulitnya Pemasaran hingga Mutu yang Belum Terstandarisasi Bikin UMKM di Lombok Utara Gulung Tikar
Shutterstock
Ilustrasi UMKM 

TRIBUNNEWS.COM, LOMBOK - Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan Kemitraan Pemerintah Autralia-Indonesia (KOMPAK) menggandeng start up agribisnis Ekosis dan Bappenas mendukung pengembangan usaha dan pembiayaan bagi UMKM di Nusa Tenggara Barat.

Wakil Bupati Kab Lombok Utara, Danny Karter Febrianto Ridawan mengatakan, terdapat beberapa hasil alam yang potensial untuk dikembangkan di Lombok Utara, diantaranya cokelat, kopi, cengkeh, dan kacang mede.

Meskipun begitu, berbagai rintangan masih dihadapi oleh pelaku usaha, diantaranya distribusi yang sulit, pemasaran produk terbatas, hingga mutu yang perlu terstandarisasi agar berdaya saing.

"Hal inilah yang membuat banyak UMKM gulung tikar di masa pandemi," kata Danny saat workshop diadakan bagi UMKM Lombok Utara dan Sumbawa.

Baca juga: Dukung UMKM, Platform Website FRIENDCHISED Pertemukan Peminat Waralaba dengan Pemilik Bisnis

Acara ini turut dihadiri oleh Wakil Bupati Lombok Utara, Direktur Pengembangan UKM dan Koperasi Bappenas, Bussiness Development Specialist Ekosis, Direktur Utama PD. BPR NTB Sumbawa, Direktur BUMD, serta LED Koordinator KOMPAK..

Direktur Pengembangan Usaha Kecil, Menengah, dan Koperasi Kementerian PPN/Bappenas, Ahmad Dading Gunadi menyatakan, meskipun UMKM mendominasi jumlah penyerapan tenaga kerja di Indonesia, namun produktifitas UMKM masih perlu ditingkatkan.

Faktanya, 90 persen pelaku UMKM belum memanfaatkan digital sebagai pemasaran.

Untuk mendukung pemasaran, Ekosis menyediakan platform jual beli khusus agribisnis yang memungkinkan UMKM terhubung langsung dengan pembeli secara digital.

Pelaku usaha juga dapat mengajukan sertifikasi, konsultasi, ataupun pelatihan agar mutu dan kualitas produk terjamin.

Baca juga: Dukung UMKM, Platform Website FRIENDCHISED Pertemukan Peminat Waralaba dengan Pemilik Bisnis

Selain itu, angkutan logistik maupun cold chain juga dapat langsung dipilih melalui aplikasi atau web Ekosis.

Felicia Yulie Mills, selaku Bussiness Development Specialist Ekosis mengatakan, tak hanya dari segi pemasaran, Ekosis juga turut mendukung pelaku UMKM agar cepat bertubuh dan menambah kualitas dan kuantitas produksi dengan bantuan permodalan.

"Pelaku usaha yang aktif bertransaksi dan tercatat track record penjualannya di Ekosis akan berkesempatan untuk mengajukan pinjaman dari partner permodalan Ekosis yang terpercaya dan terdaftar di OJK. Pelaku usaha nantinya bisa memilih penyedia permodalan yang paling sesuai," kata Felicia.

Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas