Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Penjelasan dan Analisis Sementara BMKG Terkait Gempa M 6,1 di Maluku Tengah

Berdasar data BMKG, pusat gempa berada di laut pada jarak 69 km arah Tenggara Kota Masohi, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku pada kedalaman 19 km.

Penjelasan dan Analisis Sementara BMKG Terkait Gempa M 6,1 di Maluku Tengah
Pixabay
Ilustrasi gempa bumi. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan penjelasan terkait gempa dengan kekuatan magnitudo 6,1 yang mengguncang Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, Rabu (16/6/2021).  

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan penjelasan terkait gempa dengan kekuatan magnitudo 6,1 yang mengguncang Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, Rabu (16/6/2021). 

Diberitakan sebelumnya, gempa ini terjadi pada pukul 11.43 WIB. 

Berdasar data BMKG, pusat gempa berada di laut pada jarak 69 km arah Tenggara Kota Masohi, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku pada kedalaman 19 km.

Gempa bumi ini dirasakan di Tehoru, Masohi, Bula, Kairatu, Saparua dan Wahai dengan skala III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

BMKG melaporkan adanya peristiwa gempa bumi kuat berkekuatan M 6,1 yang mengguncang wilayah Pulau Seram, Maluku. Laporan terbaru, BMKG meminta masyarakat untuk waspada gempa susulan dan potensi tsunami akibat longsor di bawah laut Maluku. BMKG pun meminta masyarakat segera menjauhi pantai dan pergi ke tempat tinggi. (BMKG)
BMKG melaporkan adanya peristiwa gempa bumi kuat berkekuatan M 6,1 yang mengguncang wilayah Pulau Seram, Maluku. Laporan terbaru, BMKG meminta masyarakat untuk waspada gempa susulan dan potensi tsunami akibat longsor di bawah laut Maluku. BMKG pun meminta masyarakat segera menjauhi pantai dan pergi ke tempat tinggi. (BMKG) (BMKG)

Gempa juga terasa di Pulau Ambon dengan skala II-III MMI. 

Pascaterjadinya gempa, BMKG mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi tsunami akibat longor bawah laut. 

Berikut penjelasan sementara BMKG terkait gempa di Mauluku Tengah sebagaimana dikutip dari akun twitter Humas BMKG, @InfoHumasBMKG: 

(1) Hari Rabu, 16 Juni 2021 pukul 11.43.08 WIB wilayah Maluku Tengah diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M=6,1 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi Mw=6,0.

(2) Episenter gempabumi terletak pada koordinat 3,42 LS ; 129,57 BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 69 km arah Tenggara Kota Masohi, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku pada kedalaman 19 km.

(3) Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas sesar lokal. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan sesar turun ( _Normal Fault_ ).

Halaman
12
Penulis: Daryono
Editor: Citra Agusta Putri Anastasia
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas