Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Operasi SAR Gabungan KMP Yunicee Hari Ke-3: 217 Personel Gabungan Hingga Helikopter Telah Dikerahkan

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) Gede Darmada mengatakan lebih dari 217 personil dari tim SAR

Penulis: Gita Irawan
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Operasi SAR Gabungan KMP Yunicee Hari Ke-3: 217 Personel Gabungan Hingga Helikopter Telah Dikerahkan
Humas Basarnas Bali
Operasi SAR terhadap tenggelamnya KMP Yunice di Perairan Bali memasuki hari ke tiga pada Kamis (1/7/2021) kemarin. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Operasi SAR gabungan terhadap tenggelamnya KMP Yunicee di Perairan Bali memasuki hari ke tiga pada Kamis (1/7/2021) kemarin.

Pada operasi SAR kemarin, area pencarian diperluas menjadi 23,85 Nm2 di seputaran titik lokasi diduga kapal tenggelam yang terbagi dalam delapan pemetaan.

Pembagian area pencarian tersebut yakni kapal-kapal besar di tempatkan di radius yang lebih jauh dan alut yang berukuran lebih kecil mencari di area perkiraan awal kapal tenggelam.

Baca juga: KMP Yunicee Tenggelam, Kapolda Bali: dari 39 Orang Ditemukan Selamat, Hanya 16 Terdata Manifes

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) Gede Darmada mengatakan lebih dari 217 personil dari tim SAR gabungan terlibat dalam operasi SAR tersebut

Selain itu, kata dia, ada 13 alut yang dikerahkan dalam pencarian tersebut termasuk helikopter.

Alut udara yang digerakkan yakni Heli Bell Polairud Mabes Polri.

BERITA TERKAIT

Sementara itu SRU laut mengerahkan KRI Rigel 933, KRI Soputan 923, KN SAR Permadi Surabaya, KMP ASDP Indonesia Ferry, Rib 01 SAR Gilimanuk, Rib 04 Pos SAR Buleleng, Rib 01 Pos SAR Banyuwangi, Speedboat Dit Polairud Polda Bali, Speedboat Polair Polres Jembrana, Speedboat KPLP Gilimanuk, Rubber Boat Pos AL Gilimanuk, dan Rubber Boat Pol Air Polres Jembrana.

Baca juga: Bangkai KMP Yunicee Ditemukan di Kedalaman 78 Meter, Terseret Arus hingga 1,6 Km dari Pelabuhan

"Sesuai dengan rencana operasi SAR, ada 13 Alut yang dikerahkan, termasuk searching di udara," kata Darmada dalam keterangan resmi Humas Basarnas Bali pada Kamis (1/7/2021).

Rencananya, kata dia, pagi ini tim SAR akan melanjutkan pencarian.

"Kami juga berharap bantuan masyarakat sekitar apabila menemukan tanda-tanda keberadaan korban agar segera memberikan laporan, karena langkah tersebut sangat membantu kami," kata Darmada.

Namun demikian, pada operasi SAR hari ketiga sejak pagi hingga malam tersebut tim SAR gabungan belum mendapatkan hasil.

Baca juga: Fakta KMP Yunicee Tenggelam di Gilimanuk, 6 Orang Ditemukan Tewas Hingga Kesaksian Korban Selamat

Diberitakan sebelumnya teknologi bawah air multibeam echosounder milik kapal survey riset Pusat Hidro-Oseonografi TNI Angkatan Laut, KRI Rigel-933, berhasil mendeteksi keberadaan Kapal Motor Penumpang (KMP) Yunice yang tenggelam di perairan Bali.

KMP Yunice terdeteksi pada posisi 8° 10’ 31.864’’ S - 114° 25’ 42.986’’ T pada kedalaman antara 72 meter sampai dengan 78 meter.

"Benda yang dideteksi dari bawah air tersebut memiliki panjang 55,3 meter, lebar 11,5 meter dan tinggi 11,35 meter dengan posisi dari dasar laut jarak dengan daratan terdekat sejauh 362 meter, sementara jarak dari Pelabuhan Gilimanuk sekitar lebih kurang 1,65 km," sebagaimana dikutip dari keterangan resmi Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut pada Rabu (30/6/2021).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas