Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

4 dari 9 Parpol Anggota Koalisi Papua Bangkit Usulkan 12 Nama Cawagub Papua Pengganti Klemen Tinal

Dalam pengusulan bursa Cawagub, Partai Nasional Demokrat (NasDem) abstain dan tak mengusul nama untuk disahkan DPP-nya di Jakarta.

4 dari 9 Parpol Anggota Koalisi Papua Bangkit Usulkan 12 Nama Cawagub Papua Pengganti Klemen Tinal
Pos Kupang
ILUSTRASI Mencari Pengganti Wagub Papua, Klemen Tinal. 

TRIBUNNEWS.COM, JAYAPURA - Hingga Kamis (22/7/2021), atau 61 hari pasca meninggalnya Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal, sudah ada 12 figur resmi cawagub Papua periode sisa (2021-2023).

Ke-12 nama resmi calon pendamping baru petahana Gubernur Papua Lukas Enembe itu diusulkan 4 dari 9 parpol anggota Koalisi Papua Bangkit (Golkar, Demokrat, Hanura dan PKB) yang mengusung pasangan Lukas Enembe-Klemen Tinal dalam Pilkada Papua.

Dalam pengusulan bursa Cawagub, Partai Nasional Demokrat (NasDem) abstain dan tak mengusul nama untuk disahkan DPP-nya di Jakarta, sebelum dikirim kembali ke DPR Papua, untuk menentukan satu nama, sekitar Agustus atau September 2021 mendatang.

Empat partai politik lainnya, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), hingga kini belum menyatakan sikap resmi.

Lantas kenapa bursa cawagub memasuki tahap baru? Baru sebab, DPD Partai Golkar Papua, Rabu (21/7/2021) sore kemarin, resmi mengumumkan 6 nama kandidat pendamping Lukas Enembe (53 tahun), incumbent Gubernur Papua.

Enam nama itu sudah diteken Plt Ketua DPD Golkar Papua Ahmad Doli Kurnia dan Plt Sekretarisnya Yopi Ingratubun dan sudah dikirim ke meja Ketua Umum DPP Partai Golkar Papua Airlangga Hartarto di Jakarta.

"Penentu akhir siapa nama yang masuk adalah DPP Golkar," kata kata Wakil Ketua I Bidang Organisasi DPD Golkar Papua Max Richard Krey di Hotel Sunny Jayapura, Rabu (21/7/2021) kemarin.

Baca juga: Ahmad Doli Kurnia Tandjung Gantikan Klemen Tinal Sebagai Plt Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Papua

Pengumuman resmi Golkar ini hanya berselang sepekan, setelah koalisi utamanya di Pilgub Papua, Partai Demokrat mengusung 6 figur wagub Papua.

Kenapa Babak Krusial? Sebab di pekan ketiga Juli 2021 ini, 5 dari 9 anggota parpol Koalisi Papua Bangkit, sudah bersikap.

Demokrat dan Golkar sama-sama mengusul 6 nama. Sedangkan Partai Nasdem memilih netral dan tak mengusul satu nama pun.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas