Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Potensi Hujan Sedang Hingga Lebat, BNPB Minta Warga Pariaman Pantau Informasi Cuaca

Bagi masyarakat yang tinggal pada wilayah dengan potensi bencana hidrometeorologi harus lebih waspada, dengan melakukan langkah-langkah kesiapsiagaan.

Potensi Hujan Sedang Hingga Lebat, BNPB Minta Warga Pariaman Pantau Informasi Cuaca
Deposit Photos/emaria
Ilustrasi hujan lebat disertai angin 

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau masyarakat Kota Pariaman dan sekitarnya untuk dapat memantau informasi prakiraan cuaca melalui laman resmi BMKG dan potensi bahaya di lingkungan sekitar melalui inaRISK.

Sebelumnya angin puting beliung ini terjadi di Desa Pauh Barat, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Provinsi Sumatera Barat pada Sabtu (31/7/2021), pukul 19.00 WIB, yang menyebabkan sebanyak empat unit rumah rusak.

Satu dari keempat rumah rusak tersebut mengalami rusak berat, sementara sisinya yakni dua rusak sedang dan satu lainnya rusak ringan.

Berdasarkan prakiraan cuaca pada Minggu, 1 Agustus 2021, yang dihimpun oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Kota Pariaman akan mengalami hujan sedang pada malam hari.

Menurut kajian inaRISK, Kota Pariaman memiliki risiko bahaya cuaca ekstrem pada tingkat sedang hingga tinggi yang berdampak pada empat kecamatan.

"Sehingga dapat mempersiapkan upaya mitigasi dan kesiapsiagaan menghadapi bencana," ujar Plt Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam siaran persnya, Minggu (1/8/2021).

Bagi masyarakat yang tinggal pada wilayah dengan potensi bencana hidrometeorologi menurutnya, harus lebih waspada, dengan melakukan langkah-langkah kesiapsiagaan seperti memangkas ranting pohon yang lapuk dan mudah patah, membersihkan daerah resapan dan aliran air dari sampah.

Baca juga: Info BMKG Gelombang Tinggi Minggu, 1 Agustus 2021: Perairan Barat Lampung Capai 6 Meter

"Serta mempersiapkan rencana evakuasi sementara bersama warga sekitar," katanya.

Sementara itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pariaman telah mendistribusikan bantuan logistik kepada masyarakat terdampak angin puting beliung.

Halaman
12
Penulis: Taufik Ismail
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas