Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Wawancara Eksklusif

Wawancara Pangdam IX/Udayana: Latihan Perang Sekaligus Mengenalkan Budaya Bali

Pasukan tentara AS dan Pasukan Kodam IX Udayana menggelar latihan tempur di Bali. Selain mengasah keterampilan tempur, juga saling mengenal budaya.

Wawancara Pangdam IX/Udayana: Latihan Perang Sekaligus Mengenalkan Budaya Bali
TRIBUN BALI/ I PUTU SUPARTIKA
Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak MSc

TRIBUNNEWS.COM, DENPASAR - Rombongan Mobile Training Team Security Force Assistance Brigade (Tim MTT SFAB) US Army menggelar latihan bersama Kodam IX/Udayana untuk peningkatan kerja sama di bidang militer. Kegiatan itu menjadi kesempatan mengenalkan potensi wisata dan keindahan Pulau Bali.

Hal itu disampaikan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak MSc saat menerima Kunjungan kehormatan (curtesy call) Tim MTT SFAB US yang dipimpin oleh CPT Eric Deon Curry, di Hall Makodam IX/Udayana, Denpasar, pekan lalu. Berikut petikan wawancaranya:

Rombongan MTT SFAB US menyambangi Markas Kodam IX/Udayana, kemarin. Apa saja yang dibicarakan?

Kegiatan Tim MTT SFAB US Army ini guna menjalin interaksi, komunikasi, sharing pengalaman teknik antara Tim MTT SFAB US Army dengan Batalyon Infanteri Kodam IX/Udayana.

Siapa saja anggota TNI yang mengikuti latihan bersama ini? Apa ada dari pasukan khusus, atau merupakan anggota terpilih? Berapa jumlahnya?

Kegiatan ini diikuti 6 prajurit US Army yang datang ke Bali merupakan prajurit terbaik US Army dengan kemampuan khusus melatih dan dari prajurit TNI Batalyon Infanteri diikuti 100 orang personel, baik dari Yonif Raider 900/Satya Bhakti Wirottama Buleleng dan Yonif Mekanis 741/Garuda Nusantara Jembrana.

Berapa hari agenda latihan bersama ini dan di mana saja lokasinya? Apa saja materi Latma Tim MTT SFAB dengan Kodam IX/Udayana?

Tim direncanakan berada di Bali 19 Agustus sampai 2 September 2021. Setelah Tim MTT SFAB tiba di Bali 19 Agustus 2021 kemarin dan curtesy call di Makodam IX/Udayana selanjutnya melakukan giat Markas Batalyon Infanteri Raider 900/Satya Bhakti Wirottama Buleleng, 20-25 Agustus 2021.

Tim ada di Mako Yonif Raider 900/SBW dan melaksanakan latihan bersama dengan para Prajurit Raider 900/SBW hingga 24 Agustus dan pada 25 Agustus dilanjutkan kegiatan culture day.

Agenda atau materi latihan yang dilaksanakan meliputi, materi drill tempur, materi tempur di daerah perkotaan, materi serbuan udara, materi tempur malam, perencanaan operasi hingga perawatan korban luka (Cassualty Care). Jadi ada diskusi teori, latihan tindakan teknis dan taktis dalam tempur, latihan menembak,  hingga perawatan korban tempur.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas