Tribun

Pemerintah Diminta Kembangkan Pariwisata dan Ekonomi Digital Labuan Bajo

Remmy Pongkor mendorong pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk mengembangkan pariwisata dan ekonomi digital.

Editor: Hasanudin Aco
Pemerintah Diminta Kembangkan Pariwisata dan Ekonomi Digital Labuan Bajo
Shutterstock
Pulau Padar, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. 

TRIBUNNEWS.COM, MANGGARAI - Praktisi IT, Remmy Pongkor mendorong pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk mengembangkan pariwisata dan ekonomi digital.

Menurut dia, ini sangat penting agar ‘kue’ pariwisata super premium Labuan Bajo juga bisa dinikmati oleh masyarakat di seluruh pelosok ‘Bumi Komodo’ itu, bukan hanya masyarakat Labuan Bajo dan sekitarnya saja.

Remmy Pongkor melontarkan hal tersebut saat tampil sebagai salah satu narasumber dalam acara Pertunjukan Rakyat Virtual “Pengembangan Bisnis Pariwisata di Era Digital” yang disiarkan secara langsung oleh kanal YouTube Kemkominfo TV, Senin (4/10/2021).

Mengawali paparannya, Remmy Pongkor menjelaskan bahwa saat ini pemerintah pusat melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sedang giat-giatnya mencanangkan gerakan transformasi digital.

Praktisi IT, Remmy Pongkor.g
Praktisi IT, Remmy Pongkor.

Baca juga: Bakal Jadi Tuan Rumah KTT G-20, Pembangunan DPSP Labuan Bajo Dikebut

Menurut dia, transformasi digital ini mencakup tiga komponen penting. Pertama, hardware.

Ini terkait pembangunan BTS, Palapa Ring, hingga Satelit Satria.

Kedua, software. Ini terkait digitalisasi UMKM, pengembangan Smart City, e-governance, hingga Pusat Data Nasional (PDN) yang salah satunya ada di Labuan Bajo.

Ketiga, brainware. Ini terkait pengembangan sumber daya manusia (SDM).

“Pemerintah melalui Kemenkominfo juga sedang menggalakkan gerakan nasional literasi digital. Ada pelatihan dengan levelnya masing-masing untuk meningkatkan literasi digital,” jelas kelahiran Manggarai Barat bernama lengkap Renyaldus Yasmin Pongkor, ini.

Dikatakan, apabila pemerintah pusat sudah membangun teknologi informasi dan komunikasi (TIK) seperti ini, maka tugas pemerintah daerah menjadi lebih ringan.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas