Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Komitmen Bank Indonesia Kembangkan UMKM Melalui Karya Kreatif Banten

Karya Kreatif Banten tahun 2021 akan menjadi ajang pameran dan kurasi produk UMKM potensial, ajang capacity building bagi UMKM

Komitmen Bank Indonesia Kembangkan UMKM Melalui Karya Kreatif Banten
ist
Karya Kreatif Banten Tahun 2021 juga menjadi ajang pameran dan kurasi produk UMKM Potensial, ajang capacity building bagi UMKM serta ajang business matching 

TRIBUNNEWS.COM, BANTEN - Deputi Gubernur Bank Indonesia, Rosmaya Hadi mengatakan, di tengah perbaikan ekonomi dunia cenderung semakin kuat dengan menurunnya kasus Covid-19, ekonomi domestik mampu tumbuh lebih baik.

Perbaikan dari perekonomian domestik turut didukung oleh perkembangan keuangan digital. 

Melalui Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025, Bank Indonesia memberikan komitmen untuk mendukung integrasi ekonomi dan keuangan digital Indonesia.

"Selain dukungan terhadap keuangan digital, Bank Indonesia turut mengembangkan UMKM yang difokuskan pada 3 (tiga) pilar kebijakan, yaitu Korporatisasi, Peningkatan Kapasitas, dan Pembiayaan," kata Rosmaya Hadi di sela-sela pembukaan event Karya Kreatif Banten (KKB) Tahun 2021 yang dibuka pada Senin, (11/10/2021). 

KKB ini diselenggarakan Pemerintah Daerah Provinsi Banten bersama Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten.

Baca juga: GBBI Diluncurkan, Pertamina Hadirkan Ribuan Produk UMKM Unggulan Indonesia Melalui SMEXPO

Disebutkan Rosmaya, beberapa implementasi pengembangan UMKM yang dilakukan BI antara lain program onboarding UMKM, Pengembangan Sistem Informasi Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan (SI-APIK), Replikasi model bisnis UMKM serta Fasilitasi keikutsertaan UMKM dalam event promosi nasional dan Internasional.

"Sektor UMKM mengandung aspek dari ekonomi kreatif, inovatif dan inspiratif yang perlu didukung bersama," katanya.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Erwin Soeriadimadja  mengatakan, penyelenggaraan KKB 2021 didukung dengan beberapa langkah penguatan.

Pertama, minat UMKM yang bergabung bertambah besar dari 200 UMKM di tahun lalu menjadi 400 UMKM.

"Dan setelah kurasi yang ketat, jumlah partisipan UMKM di platform e-commerce pada KKB ini menjadi 117 UMKM atau naik lebih dari 100% dibandingkan tahun lalu.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas