Tribun

Strategi UMKM Clothing Tetap Bertahan di Tengah Pandemi

NSA Industries juga telah banyak memberdayakan ibu-ibu di sekitar lokasi produksi, yaitu sebagai pinishing produksi

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Sanusi
Strategi UMKM Clothing Tetap Bertahan di Tengah Pandemi
Istimewa
Produk NSA, salah satu brand clothing lokal yang menjual pakaian pria maupun wanita memiliki posisi penting baik bagi konsumen maupun bagi dunia industri clothing 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Berbagai upaya telah dilakukan oleh pelaku UMKM agar usahanya tetap berjalan dan menghasilkan keuntungan.

Tidak sedikit pelaku UMKM yang terdampak pandemi berusaha mengatur strategi agar usahanya survive. Salah satunya adalah apa yang telah dilakukan oleh Doni Murmansyah pendiri NSA Industries.

Doni, sapaan akrabnya, mendirikan usaha rumahan pada tahun 2002 dan fokus pada clothing pada tahun 2004 yaitu NSA Industries, clothing mengacu pada usaha yang memproduksi produk (pakaian) yang memiliki nama atau brand sendiri.

Baca juga: Perempuan Punya Kontribusi Besar untuk Kemajuan UMKM

Dalam menjalankan usahanya, seperti halnya industri clothing pada umumnya, produk yang dihasilkan kemudian dipasarkan ke berbagai toko pakaian (distro/distribution store) di Bandung yang jumlahnya tidak kurang dari 21 distro.

Seperti yang dialami oleh usaha-usaha yang lain, pada tahun 2019 usaha yang dijalankan mengalami penurunan akibat pandemi Covid-19. Tidak tanggung-tanggung omzet mengalami penurunan signifikan akibat pandemi.

"Kendala utama yang dihadapi adalah dampak dari distro di Kota Bandung yang notabene menjual produknya banyak yang tutup. Omzet kami menurun lebih dari 50 persen akibat tidak ada tempat untuk menjual produk,” kata Doni dalam keterangannya, Kamis (14/10/2021).

Tidak mau menyerah oleh keadaan, Doni melakukan strategi marketing, pemasaran yang awalnya dilakukan secara konvensional (produk dijual di toko), salama pandemi beralih sepenuhnya dengan memafaatkan media online.

Baca juga: Kolaborasi Grab, Emtek dan Bukalapak Gulirkan Program Pelatihan, Ajak UMKM Go Digital

Beberapa marketplace dimanfaatkan oleh pemilik NSA Industaries itu agar usahanya tetap berjalan, diantaranya Shopee, Lazada, Tokopedia, serta memanfaatkan media sosial Instagram.

Strategi yang dilakukannya membuahkan hasil, sudah banyak dari satu item produknya yang terjual sampai ribuan pcs dalam satu tahun bahkan omzet dihasilkan mencapai Rp 500 juta – Rp 600 juta per bulan.

Halaman
123
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas