Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Warga Kuningan Digegerkan Broadcast Berantai Berisi Ancaman Bom Siap Meledak di Bank

Saat melakukan penyisiran, Kapolsek juga mengetahui, dari 6 bank itu, ada salah satu bank mendapat ancaman bom melalui telepon kantornya

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Warga Kuningan Digegerkan Broadcast Berantai Berisi Ancaman Bom Siap Meledak di Bank
TRIBUNCIREBON.COM/AHMAD RIPAI
Isi ancaman bom yang ditujukan ke bank daerah menyebar via aplikasi Whatsapp di Kuningan, Jawa Barat, Jumat (22/10/2021). 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNNEWS.COM, KUNINGAN -  Muncul pesan berantai di aplikasi Whatsapps  yang  menggunakan huruf kapital dengan kalimat ancaman menggegerkan warga Kecamatan Ciawigebang, Kuningan Jawa Barat.

Pesan itu bertuliskan : 

'SELAMAT MENIKMATI KAMI SEGENAP ANGGOTA GERAKAN MERDEKA RAYA TELAH MENYIMPAN BOM DI SELURUH BANK CIAWIGEBANG AKAN MELEDAK PADA PUKUL 11.00 WIB'.

Akibat pesan menyebar itu membuat Kapolsek Ciawigebang Kompol Yayat Hidayat bersama Danramil Ciawigebang Kapten Kav Suharto melakukan penyisiran di sebanyak 6 bank yang berada di wilayah Kecamatan Ciawigebang.

"Iya, tadi kami lakukan penyisiran ke tiap Bank.

Diketahui sebaran informasi itu aekitar pukul 08.30 Wib, kami menerima laporan dari salah seorang warga yang menerima pesan melalui whatsapp dengan nomor yang tidak dikenal yang isi pesan itu ancaman bom," ujar Kapolsek Kompol Yayat kepada wartawan, Jum'at (22/10/2021).

Baca juga: Taliban Puji Pelaku Bom Bunuh Diri, Janjikan Uang dan Tanah Bagi Keluarga

Saat melakukan penyisiran, Kapolsek juga mengetahui, dari 6 bank itu, ada salah satu bank mendapat ancaman bom melalui telepon kantornya.

BERITA TERKAIT

Suaranya seorang perempuan dengan kata-kata yang hampir sama seperti di whatsapp tersebut.

"Tadi kami saat di lapangan ada teror telepon masuk ke Bank Mandiri dengan nada ancaman sama dengan isi dari pesan berantai tadi," ujarnya.

Kapolsek berharap kepada lapisan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan, terutama terhadap manajamen Bank yang berada di wilayah hukum Ciawigebang.

Baca juga: Perakit Bom Ikan Ditangkap, 150 Kg Bahan Peledak Disita, Rencana Diledakkan di Perairan Buton Utara

"Kami meminta kepada pihak bank untuk menutup pelayanan lebih awal dan petugas keamanan agar waspada jika ada hal-hal yang mencurigakan. Alhamdulillah, setelah dilakukan penyisiran kami tidak menemukan barang yang mencurigakan," kata Kapolsek.

Dalam kasus ini, kata Kapolsek berjanji akan menindaklanjuti teror bom dan sedang melacak nomor pengirim pesan tersebut. Sebab tindakan pelaku penyebar teror ini dianggap melanggar UU ITE no. 11 tahun 2018 dan dapat dikenakan hukuman penjara paling lama 6 tahun. (*)

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Broadcast Ancaman Bom Siap Meledek di Bank Daerah di Kuningan, Satu Bank BUMN Diteror Via Telepon

Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas