Tribun

Anggota DPRD Biak Soroti Wacana Rencana Pembangunan Bandara Antariksa

Ia berharap agar beberapa lembaga terkait melakukan langkah strategis terkait dampak lingkungan  bagi masyarakat setempat

Editor: Eko Sutriyanto
Anggota DPRD Biak Soroti Wacana Rencana Pembangunan Bandara Antariksa
Tribun-Papua.com/Istimewa
Ilustrasi konsep bandara pesawat antariksa. (Dok.www.gov.u) 

Laporan Wartawan Tribun Papua Paul Manahara Tambunan

TRIBUNNEWS.COM,  JAYAPURA -  Anggota DPSD Biak, Jhon Mandibo menyoroti rencana pembangunan Bandara Antariksa di Desa Saukobye, Distrik Biak Utara, Kabupaten Biak Numfor, Papua.

Jika memang akan direalisasikan, ia meminta Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memberikan sosialisasi dampak lingkungan bagi masyarakat/

"Saya mau tanya kepada lembaga LAPAN, mereka sudah punya analisis dampak lingkungan, dan standar keselamatan untuk lingkungan?

Kalau ada, ini harus disosialisasikan kepada masyarakat di Biak dan khususnya di Desa Saukobye," kata Mandibo di Jayapura, Senin (25/10/2021).

Lembaga tersebut perlu memikirkan dampak langsung yang nantinya bisa terjadi kepada masyarakat setempat.

Baca juga: Fakta Pesawat Cargo Smart Air Tergelincir di Papua, Pilot Meninggal, Aktivitas Penerbangan Terganggu

"Saya minta ini harus jadi perhatian lembaga Lapan, sebab sebagai anak asli dari biak utara, saya sangat paham tentang kondisi dan kehidupan masyarakat di pesisir Korem.

Biak utara adalah nelayan dan petani, artinya bahwa mereka sangat bergantung pada hasil laut dan hutan."

Terkait pembangunan bandara antariksa, Mandimbo juga mengambil contoh pada beberapa daerah di Indonesia yang sempat menjadi target pembangunan namun batal karena lingkungan.

"Contohnya seperti yang pernah terjadi di Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada 2007, oleh sebab itu perlu dikaji matang soal pembangunan bandara antariksa.

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas