Tribun

Cara Erick Thohir Jaga Asa Warga Desa Terpencil untuk Menghasilkan Atlet Berprestasi

Sebelum adanya lapangan voli yang layak, puluhan anak muda di lingkungannya tetap bermain, walau beralaskan tanah dan pasir. 

Penulis: Hasanudin Aco
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Cara Erick Thohir Jaga Asa Warga Desa Terpencil untuk Menghasilkan Atlet Berprestasi
Istimewa
Yayasan Erick Thohir membangun sarana olahraga bagi warga. 

TRIBUNNEWS.COM, LAMPUNG - Yayasan Erick Thohir membangun sejumlah fasilitas umum berupa sarana olahraga dan fasilitas sosial lainnya di beberapa lokasi di Provinsi Lampung

Pembangunan ini menjaga asa warga di desa-desa terpencil untuk menghasilkan atlet berprestasi skala provinsi atau nasional.

Mujiman (40), pelatih voli Desa Kalisari, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Tanggamus, Lampung, mengakui sarana olahraga seperti lapangan voli sangat diinginkan warga desanya.

"Di sini anak mudanya mayoritas suka voli. Pembangunan sarana voli sama Bapak Erick, jadi asa buat kami untuk mencoba keberuntungan dan merubah nasib dengan ikut seleksi tingkat kabupaten dan mencapai provinsi," ujarnya, Senin (9/11/2021).

Mujiman menceritakan, sebelum adanya lapangan voli yang layak, puluhan anak muda di lingkungannya tetap bermain, walau beralaskan tanah dan pasir. 

Hingga suatu saat ada tim dari Yayasan Erick Thohir menawarkan bantuan berupa berbagai material untuk membangun sarana bola voli. 

Pihak Erick hanya meminta agar pelaksana pembangunan dilakukan warga secara bersama-sama. 

"Awalnya kami terkejut dengan kehadiran tim Pak Erick, karena kalau dilihat dari lokasi desa yang di gunung dan memerlukan waktu sekitar empat jam dari Kota Bandar Lampung, sangat jauh untuk dijangkau," kenangnya. 

Baca juga: Wakil Presiden OIC Youth Indonesia Tak Percaya Erick Thohir Terlibat dalam Bisnis PCR

Mujiman mengatakan desanya merupakan patron bagi desa lain dalam hal olahraga Voli di Kecamatan Wonosobo

Sering kali warga desa lain datang ke tempat mereka untuk melakukan pertandingan persahabatan. 

Biasanya makin sering dilakukan menjelang perlombaan-perlombaan yang diselenggarakan berbagai institusi yang berada di Kecamatan Wonosobo.

"Banyak desa "ngintip" kualitas pemain kami. karena kami pernah meraih juara 2 tingkat kecamatan, target kami juara 1 tingkat kecamatan dan melahirkan pemain yang ikut seleksi Pekan Olahraga Provinsi (Poprov) Lampung, tentunya sampai nasional," harapnya.

Lurah Kalisari, Burhannudin, mengatakan dengan kondisi lapangan yang layak, dirinya yakin dapat mencetak pemain-pemain voli profesional di desanya.  

Dia meyakini, Kabupaten Tanggamus, khususnya Desa Kalisari memiliki sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas untuk dibina sebagai atlet untuk masuk ditingkat nasional.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas