Tribun

Superbike

Jonathan Rea Dominasi Podium Seri Terakhir Ajang Balap WSBK

Pebalap asal Britania Raya Jonathan Rea kembali finish pada posisi pertama di race kedua dalam ajang balap motor bergengsi World Superbike (WSBK)

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Jonathan Rea Dominasi Podium Seri Terakhir Ajang Balap WSBK
AFP/BAY ISMOYO
Pembalap Kawasaki asal Inggris Jonathan Rea berlaga pada balapan pertama Kejuaraan Dunia Superbike di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika, Lombok Tengah pada 21 November 2021. (Foto oleh BAY ISMOYO / AFP) 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pebalap asal Britania Raya Jonathan Rea kembali finish pada posisi pertama di race kedua dalam ajang balap motor bergengsi World Superbike (WSBK) yang berlangsung di Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit, Lombuk, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (21/11/2021).

Dengan kemenangan tersebut, maka pebalap yang bergabung dalam Kawasaki Team itu mendominasi seluruh race di seri terakhir WSBK ini setelah sebelumnya juga menempati posisi yang sama pada race pertama.

Jika ditotal, poin akhir Jonathan Rea dalam ajang balap WSBK ini berjumlah 551 poin.

Meski mendominasi seri terakhir, namun juara dunia WSBK kali ini sudah diamankan sejak race pertama yang digelar siang tadi oleh pembalap asal Turki Toprak Razgatlioglu.

Toprak berhasil mengunci gelar juara dunianya setelah finish pada urutan kedua dalam race pertama seri penutup WSBK ini dengan peroleh 551 poin.

Baca juga: Hasil Race 2 WSBK 2021 Mandalika - Jonathan Rea Sempurna, Toprak Razgatlioglu Finish Keempat

Sedangkan pada race terakhir, Toprak hanya finish di posisi keempat.

Namun kondisi tersebut tidak mengubah status Toprak sebagai juara dunia WSBK tersebut.

Dengan demikian, maka total poin keseluruhan dari pembalap Pata Yamaha itu yakni 564 poin, selisih 13 poin dengan Jonathan Rea yang berhasil menduduki juara dua dunia.

Sempat Ditunda Karena Hujan Deras

Ajang balap motor kelas dunia World Superbike (WSBK) yang digelar di Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat sebelumnya sempat ditunda.

Penundaan pada race kedua seri penutup ajang balap motor bergengsi tersebut karena hujan deras mengguyur area sirkuit Mandalika.

Penundaan ini dilakukan setelah pihak panitia penyelenggara dua kali melakukan pemantauan terhadap jalur yang memiliki 17 tikungan tersebut.

Selang beberapa lama, perangkat perlombaan mengeluarkan seruan kalau race ditunda hingga waktu yang belum ditentukan.

Baca juga: Masih Sisakan Satu Balapan, Toprak Razgalioglu Kunci Gelar Juara Dunia WSBK 2021

Biasanya, penundaan tersebut diterapkan dalam waktu satu jam, jika kondisi tidak membaik atau tidak memungkinkan maka akan ditunda satu hari ke depan.

Hal itu juga diterapkan pada race pertama WSBK, Sabtu (20/11/2021) kemarin sore di mana sebagian wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat mengalami cuaca ekstrim berupa hujan deras disertai angin kencang.

Baca juga: Hasil Race 1 WSBK 2021 Mandalika - Rea Tercepat, Toprak Razgatlioglu Segel Gelar Juara Dunia

Kendati demikian, untuk race kedua WSBK ini, pihak penyelenggara kembali melanjutkan perlombaan setelah sekitar 1 jam ditunda.

Namun merujuk pada peraturan yang dibuat, untuk jumlah lap's di race kedua ini dikurangi menjadi 12 lap dari yang seharusnya 21 lap.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas