Tribun

Anggota Banggar Wayan Sudirta Siap Dorong Keadilan Fiskal di Bali

Bali tengah menghadapi situasi sulit sehingga dibutuhkan perlakukan kekhususan

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Eko Sutriyanto
Anggota Banggar Wayan Sudirta Siap Dorong Keadilan Fiskal di Bali
ist
Anggota Banggar DPR RI Dapil Bali I Wayan Sudirta (kiri) saat mengikuti kunjungan Tim Banggar DPR RI di Denpasar, Kamis (25/11/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Anggota Banggar DPR RI Dapil Bali I Wayan Sudirta berjanji akan perjuangkan keadilan fiskal di Provinsi Bali.

Hal itu merespon Gubernur Bali Wayan Koster, yang meminta dan mengusulkan agar tim Badan Anggaran DPR RI ikut memperjuangkan kebijakan khusus untuk keadilan fiskal di daerah yang paling terdampak pandemi Covid-19.

Wayan Sudirta mendukung langkah Gubernur Bali secara all out.

Ia menegaskan usulan tersebut akan menjadi catatan yang akan dibahas di Badan Anggaran DPR RI. Sudirta mendukung usulan Koster, karena perekonomian Bali tidak seperti daerah lain.

"Perekonomian Bali hanya bertumpu pada sektor pariwisata. Tidak seperti Kalimantan Timur misalnya yang memiliki tambang,” ujar Sudirta dalam keterangannya, Jumat (26/11/2021).

Baca juga: Soroti Tempat Publik Mulai Kendur Prokes Covid-19, Anies Minta Semua Pihak Kembali Disiplin 

Terlebih lagi sebelum pandemi, kata Wayan Sudirta, Pariwisata Bali menjadi daerah dengan penyumbang devisa terbanyak untuk nasional.

"Sehingga menurut saya dukungan atas permintaan atau usulan (gubernur Bali) untuk dijadikan sebagai cacatan dan diperjuangkan bukanlah sesuatu hal yang berlebihan dan wajar,” ucap Sudirta.

Sudirta mengatakan, Bali tengah menghadapi situasi sulit. Sehingga, dibutuhkan perlakukan, kekhususan dan aturan atau kebijakan asimetris dan tidak sama rata.

“Sudah saatnya pusat juga semestinya mengakomodir, memberikan kekhususan, keistimewan dalam bentuk kebijakan maupun Undang-Undang APBN untuk Bali. Sehingga dengan demikian akan terasa ada keadilan,” tutur Sudirta.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas