Tribun

Gandeng Anak Muda Kota Bandung, Gerakan BerkAH Hidupkan Semangat Berdemokrasi

Kepemimpinan anak muda bersama organisasi dan komunitasnya dibutuhkan untuk menguatkan demokrasi di Indonesia.

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Hasanudin Aco
Gandeng Anak Muda Kota Bandung, Gerakan BerkAH Hidupkan Semangat Berdemokrasi
ist
Gerakan BerkAH menggelar dialog publik dengan sejumlah kalangan muda dan tua dari berbagai latar belakang di Bandung, Rabu (1/12/2021) 

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Generasi muda memiliki peran strategis untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mendorong berbagai kebijakan yang berpihak kepada pemenuhan hak masyarakat.

Kepemimpinan anak muda bersama organisasi dan komunitasnya dibutuhkan untuk menguatkan demokrasi di Indonesia.

Penguatan demokrasi ini yang tengah diupayakan oleh sejumlah anak muda yang bergerak dalam Gerakan BerkAH (Gerakan Berkreasi Bersama Airlangga Hartarto). Pada Rabu (1/12/2021), Gerakan BerkAH menggelar dialog publik dengan sejumlah kalangan muda dan tua dari berbagai latar belakang di Bandung.

Ketua KNPI Kota Bandung Edwin Khadafi memaparkan, anak muda perlu membentuk dan bergabung dalam komunitas kepemudaan dengan semangat kolaborasi demi pembangunan bangsa yang berkelanjutan.

Baca juga: Golkar Apresiasi Gerakan BerkAH yang Diinisiasi Anak Muda

Ia meyakini, anak muda memiliki keahlian masing-masing dengan memberikan solusi demi kesejahteraan sosial.

"Kita harus tahu peran apa yang bisa kita optimalkan, lalu kita bisa memberikan apa kepada negara. Anak muda harus berkolaborasi dalam berbagai komunitas agar memberikan perubahan di masyarakat," kata Edwin saat menjadi narasumber dialog.

Hal senada diungkapkan oleh Ketua DPD Partai Golkar Kota Bandung Edwin Senjaya bahwa Airlangga Hartarto selalu membuka ruang komunikasi dengan anak muda terkait optimisme dan hal positif ke depan.

Ia menambahkan, sosok Ketum Golkar tersebut sangat membutuhkan energi dan kehadiran anak muda untuk bersama-sama menyatukan visi menghadapi dampak pandemi.

"Pak Airlangga sangat berharap anak muda berkontribusi dengan melibatkan diri dalam berbagai upaya pemerintah dan memanfaatkan momentum transisi pandemi menjadi endemi untuk membangun bangsa. Karena beliau sosok teknokrat yang mempertimbangkan keputusannya sampai pada kondisi ekonomi sosial kelompok rentan," ujarnya.

Hal ini juga dipertegas oleh Juru Bicara Gerakan BerkAH Rega Aditya. Menurutnya, anak muda merupakan aktor strategis pembangunan dan perubahan yang memiliki suara luar biasa serta kapasitas mendukung negara lebih komunikatif dan transparan.

Halaman
12
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas