Tribun

Kecelakaan Maut di Balikpapan

Polda Kaltim: Penyebab Kecelakaan di Balikpapan karena Kondisi Jalan Menurun & Truk Alami Rem Blong

Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Yusuf Sutejo mengungkapkan penyebab terjadinya kecelakaan di Simpang Muara Rapak, Balikpapan pada Jumat (21/1/2022).

Penulis: Faryyanida Putwiliani
Editor: Daryono
zoom-in Polda Kaltim: Penyebab Kecelakaan di Balikpapan karena Kondisi Jalan Menurun & Truk Alami Rem Blong
TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO
Suasana TKP kecelakaan beruntun di kawasan persimpangan menuju Jalan Soekarno Hatta, Muara Rapak, Balikpapan Utara. Sopir truk kini sudah diamankan polisi. 

TRIBUNNEWS.COM - Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Yusuf Sutejo mengungkapkan penyebab terjadinya kecelakaan di Simpang Muara Rapak, Balikpapan pada Jumat (21/1/2022) pagi.

Berdasarkan hasil penelusuran awal dan olah TKP petugas di lapangan, kecelakaan tersebut terjadi saat ada antrean kendaraan di lampu merah Simpang Muara Rapak.

Kemudian dari arah belakang ada truk tronton yang mengangkut kapur pembersih air seberat 20 ton.

"Jadi hasil daripada penelusuran awal di TKP dan olah TKP petugas di lapangan itu awalnya saat terjadi antrean di lampu merah Simpang Rampak tersebut."

Detik-detik kecelakaan maut truk kontainer seruduk puluhan kendaran di Jalan Soekarno Hatta, Muara Rapak, Balikpapan Utara, Jumat (21/1/2022) pagi.
Detik-detik kecelakaan maut truk kontainer seruduk puluhan kendaran di Jalan Soekarno Hatta, Muara Rapak, Balikpapan Utara, Jumat (21/1/2022) pagi. (HO/CCTV DISHUB BALIKPAPAN)

Baca juga: FOTO-FOTO Kecelakaan Maut di Balikpapan, Mobil dan Motor Ringsek, 5 Orang Meninggal Dunia

"Itu dari arah belakang itu meluncur sebuah truk tronton yang mengangkut kapur pembersih air seberat 20 ton," kata Yusuf dalam tayangan Breaking News Kompas TV, Jumat (21/1/2022).

Menurut Yusuf, kondisi geografis jalan yang menurun, ditambah lagi dengan kondisi truk yang mengalami rem blong menjadi penyebab kecelakaan.

"Karena kondisi geografis jalan tersebut menurun dan kondisi truk tronton tersebut secara teknik, hasil pemeriksaan awal kita remnya blong," terang Yusuf.

Yusuf menambahkan, sopir trus sempat merusaha menurunkan kecepatan gigi dengan menggunakan engine brake.

Kondisi truk Nissan Diesel pengangkut kontainer pemicu kecelakaan fatal terjadi di simpang lima Muara Rapak, Balikpapan Utara, Jumat (21/1/2022) pukul 06.20 WITA.
Kondisi truk Nissan Diesel pengangkut kontainer pemicu kecelakaan fatal terjadi di simpang lima Muara Rapak, Balikpapan Utara, Jumat (21/1/2022) pukul 06.20 WITA. (Tribun Kaltim/Dwi Ardianto)

Baca juga: Kesaksian Korban Selamat Kecelakaan Maut di Balikpapan, Terdengar Suara Benturan yang Keras

Namun usaha tersebut tidak berhasil karena truk tetap meluncur dan menabrak belasan kendaraan yang ada di depannya.

"Dia (sopir) sudah menurunkan kecepatan gigi dengan menggunakan engine brake, tetapi kendaraan tetap meluncur dan menabrak kendaraan yang mengantre di lampu merah," imbuhnya.

Akibat kecelakaan beruntun tersebut, lima orang meninggal dunia, 13 orang mengalami luka berat, dan satu orang kondisinya masih kritis.

Selain itu, terdapat enam unit kendaraan roda empat dan 14 unit sepeda motor yang turut tertabrak dalam kecelakaan tersebut.

Baca juga: Nasib Sopir Truk Kecelakaan Maut di Balikpapan, Identitas Belum Diketahui, Kini Sudah Diamankan

Mabes Polri Turun Tangan Selidiki Penyebab Kecelakaan

Diwartakan Tribunnews.com sebelumnya, Mabes Polri turun tangan menangani insiden kecelakaan maut yang terjadi di Simpang Muara Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur pada Jumat (21/1/2022) sekitar pukul 06.19 WITA.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas