Tribun

Kelompok Bersenjata di Papua

Anggota KKB Kasar Kulua Tewas Saat Baku Tembak dengan TNI/Polri di Distrik Ilaga Puncak Papua

Kasar Kulua tewas dalam operasi penegakan hukum pasukan TNI dan Polisi di areal Bandara Aminggaru, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak pada Minggu.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Anggota KKB Kasar Kulua Tewas Saat Baku Tembak dengan TNI/Polri di Distrik Ilaga Puncak Papua
Istimewa
Aksi pembakaran mess karyawan PT Martha Tunggal Teknik di Kali Ilame, Kampung Wako di Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua pada Sabtu (19/2/2022) sore yang diduga dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Paul Manahara Tambunan

TRIBUNNEWS.COM, JAYAPURA - Kasar Kulua, anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB)--sebutan polisi bagi TPN-OPM--dilaporkan tewas saat terjadi kontak senjata, Minggu (20/2/2022) sekitar pukul 12.25 waktu setempat.

"Pasukan terbaik TPNPB atas nama Kasar Kulua telah jatuh korban akibat tertembak pasukan keamanan Indonesia," ujar Juru Bicara Organisasi Papua Merdeka (OPM), Sebby Sambom kepada Tribun-Papua.com, Senin (21/2/2022) malam.

Sebby mengatakan Kasar Kulua tewas dalam operasi penegakan hukum pasukan TNI dan Polisi di areal Bandara Aminggaru, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak pada Minggu (20/2/2022).

Sementara itu Kalenak Telenggen, Komandan operasi di Ilaga menyebut pemakaman jenazah Kasar Kulua dilakukan pukul 19.00 WIT, pada Minggu (20/2/2022).

Baca juga: Dua Korban Penembakan KKB di Puncak Papua Akhirnya Dievakuasi ke Timika

Pemakaman digelar secara kemiliteran di markas TPN-OPM wilayah Puncak.

"Kasar Kulua adalah komandan batalyon TPNPB Kodap Ilaga. Kami dari Markas Pusat TPNPB-OPM berduka," ujar Sebby.

Sebby menyebut, Kasar Kulua adalah pejuang pembebasan bangsa Papua.

"Selamat jalan pejuang pembebasan nasional bangsa Papua, Kasar Kulua," ucap Sebby.

Bakar Pemukiman di Distrik Ilaga

Sebelumnya, Kelompok Separatis Teroris (KST) di Papua kembali melakukan aksi teror di hari Minggu (20/2/2022).

Mereka menembak dan membakar rumah warga di daerah pemukiman masyarakat Papua di Distrik Omukia dan Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Minggu (20/2/2022).

Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Aqsha Erlangga dalam keterangannya mengungkapkan kronologis terjadinya aksi pembakaran yang dilakukan KST.

Saat itu Tim Gabungan Aparat Keamanan TNI Polri dipimpin Kapten Pas Geri Kurniawan, selaku Dansektor Satgas Lanud Kopasga, sedang mengevakuasi korban penembakan pada pukul 07.00 WIT.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas