Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Penumpang di Bandara Husein Sastranegara Bandung Tidak Perlu Tunjukkan Hasil Test PCR atau Antigen

Syaratnya adalah penumpang tersebut telah vaksinasi dosis kedua atau vaksinasi dosis ketiga (booster).

Editor: Erik S
zoom-in Penumpang di Bandara Husein Sastranegara Bandung Tidak Perlu Tunjukkan Hasil Test PCR atau Antigen
Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Jawa Barat 

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Penumpang di Bandara Husein Sastranegara Bandung Jawa Barat tidak perlu  menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen.

Syaratnya adalah penumpang tersebut telah vaksinasi dosis kedua atau vaksinasi dosis ketiga (booster).

Executive General Manager Bandara Husein Sastranegara Bandung, Cin Asmoro, mengatakan pemberlakuan tersebut seiring dengan diterbitkannya Surat Edaran Nomor 11 Tahun 2022 dari Satgas Covid-19 dan diperkuat Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 21 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi Covid-19.

"Jadi ini berlaku untuk seluruh wilayah Indonesia mulai 8 Maret 2022, sampai dengan lebih lanjut. Untuk calon penumpang yang sudah mendapat vaksin dosis 2 atau vaksin dosis 3, itu tidak diwajibkan lagi menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau antigen," kata Asmoro di Bandara Husein Sastranegara, Selasa (8/3/2022).

Baca juga: Penumpang Pesawat Tak Perlu Lagi Tes PCR dan Antigen, Syaratnya Sudah Vaksin Dosis Kedua

Ia mengatakan namun yang baru mendapat vaksin dosis 1, masih wajib menunjukkan hasil negatif PCR dengan waktu 3 x 24 jam dan atau antigen 1 kali 24 jam sebelum keberangkatan. Hal ini juga masih berlaku untuk calon penumpang yang tidak bisa divaksin akibat kondisi kesehatannya.

"Itu wajib menunjukkan hasil negatif PCR 3 x 24 jam atau antigen 1 x 24 jam sebelum keberangkatan, wajib melampirkan surat dari rumah sakit pemerintah bahwa yang bersangkutan tidak bisa divaksin. Kemudian anak di bawah usia 6 tahun didampingi dalam perjalanannya dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat," katanya.

Ia menuturkan peraturan ini berlaku di Bandara Husein Sastranegara dan pihaknya sudah rapat dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), komunitas bandara, maskapai, Lanud, dan ground handling, untuk mengkolaborasikan implementasi peraturan ini.

BERITA REKOMENDASI

Namun demikian, katanya, pihak bandara masih membuka pelayanan tes PCR dan antigen untuk melayani penumpang yang belum mendapat dosis kedua atau tidak bisa divaksin.

Ia mengatakan kemudahan dalam persyaratan kesehatan penerbangan ini diharapkan disusul dengan berakhirnya pandemi. Karenanya, pihaknya tetap menjaga pelaksanaan protokol kesehatan di bidang penerbangan.

Baca juga: Bali, Batam, dan Bintan Kini Bebas Karantina Tapi Wajib Tes PCR

"Kami tidak terlena, dan kami berharap khususnya di dunia penerbangan ini juga membuat sesuatu yang bisa masyarakat lebih yakin untuk melakukan perjalanan dan imbasnya adalah transportasi udara bisa normal kembali nantinya apalagi nanti sudah menjelang angkutan Lebaran," katanya.

Ia memastikan penggunaan aplikasi PeduliLindungi tetap dilakukan ketat oleh para penumpang, juga Indonesia Health Alert Card (eHAC) yang juga diakses melalui aplikasi tersebut dan harus diakses sebelum penerbangan.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan menerbitkan Surat Edaran Nomor 21 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi Covid-19.

“Merujuk terbitnya Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 11 Tahun 2022 tentang ketentuan penyesuaian protokol kesehatan, maka kami menerbitkan SE Kemenhub sebagai petunjuk teknis pelaksanaannya di lapangan,” demikian disampaikan Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati, Rabu (8/3/2022).

SE tersebut memuat sejumlah ketentuan baru untuk syarat perjalanan di dalam negeri menggunakan moda transportasi udara yakni sebagai berikut:

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas