Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Diduga Telantarkan Pasien hingga Meninggal, Begini Tanggapan RSUP Adam Malik Medan

RSUP Adam Malik Medan Sumatera Utara buka suara terkait adanya dugaan penelantaran pasien hingga meninggal dunia.

Editor: Erik S
zoom-in Diduga Telantarkan Pasien hingga Meninggal, Begini Tanggapan RSUP Adam Malik Medan
NST
ilustrasi Pihak RSUP Adam Malik Medan Sumatera Utara buka suara terkait adanya dugaan penelantaran pasien hingga meninggal dunia. 

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN - RSUP Adam Malik Medan Sumatera Utara buka suara terkait adanya dugaan penelantaran pasien hingga meninggal dunia.

Humas Adam Malik Rosario Dorothy Simanjuntak mengatakan pasien tersebut merupakan pasien rawat jalan dengan riwayat tindakan Hemodialisa.

Pasien rawat inap di ruangan Rindu B sejak 23 Februari 2022.

"Selama dirawat di RSHAM, pasien sudah menjalani operasi pada tanggal 24 Februari, kemudian menjalani tindakan hemodialisa tanggal 26 Februari hingga 1 Maret 2022," ujar Rosa.

Selama beberapa hari menjalani perawatan, pasien atas nama Dumaria Matondang (70) meninggal dunia pada tanggal 1 Maret 2022.

Baca juga: Cerita Ibunda Adam Deni Terakhir Bertemu Sang Anak, Izin Keluar Rumah Tapi Tak Kunjung Pulang

Pihak keluarga kemudian protes ke rumah sakit karena merasa selama menjalani perawatan di Rumah Sakit Adam Malik tidak mendapatkan pelayanan dengan baik.

Mengenai tuduhan itu pihak rumah sakit dengan tegas membantahnya.

BERITA TERKAIT

Rosa mengatakan sudah melakukan pengecekan langsung atas tuduhan pihak keluarga pasien yang merasa diabaikan saat menjalani perawatan di rumah sakit.

"Mengenai pengabaian yang disampaikan pihak keluarga, kami sudah melakukan pengecekan baik terhadap petugas maupun rekam medis (status) pasien, bahwasanya pasien tidak pernah diabaikan," sebut Rosa.

Kata Rosa dalam kondisi kritis yang dialami pasien pihak rumah sakit sudah melakukan semua tindakan yang dibutuhkan pasien.

Baca juga: Berikut Penyebab Gagal Ginjal Dapat Memperburuk Kondisi Pasien Covid-19

Hal itu membantahkan pernyataan Anah Sianipar keluarga pasien yang merasa ditelantarkan oleh pihak rumah sakit hingga membuat orang tuanya meninggal dunia.

"Sejak keluarga melaporkan kepada petugas tentang kondisi pasien yang menurun, petugas sudah melalukan semua tindakan yang dibutuhkan pasien sesuai kewenangannya. Dan hal ini semua tertuang lengkap dalam rekam medis pasien," tuturnya.

Sebelumnya Anah Sianipar mendatangi rumah sakit Adam Malik lantaran dirasa telah mengabaikan orang tuanya yang menjalani perawatan disana.

"Karena saya menduga akibat kelalaian pihak rumah sakit telah membuat orang tua saya meninggal dunia. Itu orang tua saya yang sudah meringis kesakitan dari sejak jam 8 malam sampai jam 10 pagi tidak ada dapat pelayanan dari rumah sakit," sebut Anah, Selasa (8/3/2022)

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas