Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Prajurit Gugur dan Terluka Diserang KKB, Personel TNI di Pos Marinir Distrik Kenyam Papua Siaga

Saat ini Prajurit TNI yang bertugas di Pos Marinir Perikanan Quari Bawah di Distrik Kenyam Kabup[aten Nduga melaksanakan siaga dan proses evakuasi.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Prajurit Gugur dan Terluka Diserang KKB, Personel TNI di Pos Marinir Distrik Kenyam Papua Siaga
HO
Komandan Pos Quary Bawah Satgas Mupe Yon Marinir III Letda Mar Iqbal. Letda Iqbal gugur setelah KST menyerang Pos Quary Bawah di Distrik Kenyam, Nduga, Papua, Sabtu (26/3/2022) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Aksi keji dan sadis kembali dilakukan Gerombolan Kelompok Separatis Teroris (KST). Kali ini KKB menembak Prajurit TNI Pos Marinir Perikanan Quari Bawah yang sedang bertugas di Distrik Kenyam Kabupaten Nduga, Sabtu (26/3/2022).

Wakapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan mengungkapkan, peristiwa ini dilakukan sekian kalinya oleh gerombolan KST.

"Selain membunuh warga sipil, juga menembak dan membunuh aparat TNI yang sedang mengemban tugas negara," kata Letkol Inf Candra Kurniawan dalam keterangannya, Minggu (27/3/2022).

Candra mengungkapkan, pada hari Sabtu (26/3/2022) telah terjadi penyerangan oleh gerombolan KST dengan menembak Prajurit TNI Pos Marinir Perikanan Quari Bawah yang dilakukan sore menjelang malam.

Baca juga: Pos Marinir di Nduga Papua Diserang KKB Pakai Senjata Pelontar Granat, Danpos Letda M Iqbal Gugur

"Prajurit TNI Pos Marinir perikanan Quari Bawah telah diserang dan ditembak oleh gerombolan KST, sehingga personel Pos tersebut melakukan tembakan balasan kepada kelompok teroris yang menyerang," kata Wakapendam.

"Akibat mendapat serangan dari gerombolan KST, kemudian Dansatgas mengirimkan bantuan dengan pasukan ke Pos Quari Bawah," tambahnya.

BERITA REKOMENDASI

Selanjutnya, Wakapendam menjelaskan, dari ulah kekejaman KST yang menyerang dan menembak Pos TNI Quari Bawah, mengakibatkan korban dari Prajurit TNI, baik luka maupun meninggal dunia.

"Diperoleh informasi 1 orang Prajurit TNI Letda Mar Moh Iqbal terkena tembakan di bagian tangan sebelah kanan dan meninggal dunia, serta beberapa Prajurit lainnya mengalami luka berat dan ringan," jelasnya.

Saat ini Prajurit TNI yang bertugas di Pos Marinir Perikanan Quari Bawah di Distrik Kenyam Kabupaten Nduga melaksanakan siaga dan proses evakuasi sedang berlangsung.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas