Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

One Way di Jalur Tol, Pengendara Putar Arah di GT Ciperna Cirebon

Penutupan pintu masuk tol bagian penerapan one way dari mulai KM 47 Tol Jakarta - Cikampek (Japek) hingga KM 414 GT Kalikangkung

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in One Way di Jalur Tol, Pengendara Putar Arah di GT Ciperna Cirebon
Tribun Cirebon/ Ahmad Imam Baehaqi
Akses jalan menuju GT Ciperna, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, ditutup menjelang penerapan oneway dari KM 47 Tol Japek hingga KM 414 GT Kalikangkung, Kamis (28/4/2022). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNNEWS.COM, CIREBON - Pengemudi tampak memutar balik saat hendak memasuki jalur tol dari GT Ciperna, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat,  Kamis (28/4/2022).

Akses jalan menuju GT Ciperna terlihat ditutup dan dipasangi traffic cone sehingga para pengendara tidak bisa memasuki jalur tol.




Sejumlah petugas kepolisian juga tampak bersiaga dan menghalau pengendara yang hendak memasuki Tol Palimanan - Kanci (Palikanci) dari GT Ciperna.

Penutupan pintu masuk tol tersebut merupakan rangkaian persiapan penerapan one way dari mulai KM 47 Tol Jakarta - Cikampek (Japek) hingga KM 414 GT Kalikangkung.

Rencananya, one way di jalur tol untuk lajur kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah tersebut diberlakukan mulai pukul 17.00 WIB - 24.00 WIB.

Baca juga: Sempat Macet, Kemenhub Sebut Jalan Tol Jakarta-Cikampek Sudah Kondusif dan Lancar

"Enggak tahu (oneway di jalur tol), tadi mau masuk tol jalannya ditutup, sehingga putar balik," kata pengendara asal Bandung, Asep (37), saat ditemui di GT Ciperna, Kamis (28/4/2022).

BERITA TERKAIT

Ia mengatakan, baru tiba di Cirebon Kamis pagi untuk urusan pekerjaan dan hendak kembali ke Bandung pada sore ini melalui jalur tol.

Namun, penerapan oneway di jalan tol membuat Asep terpaksa melintasi jalur arteri untuk pulang ke Kota Kembang meski mengetahui perjalanannya bakal lebih lama.

"Yang jelas pasti lebih lama lewat arteri, tapi mudah-mudahan jalannya tidak terlalu macet, sehingga bisa tiba di Bandung lebih cepat," ujar Asep.

Cholid (43), warga Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, juga harus putar arah dan melintasi jalur arteri Pantura untuk pulang ke rumahnya.

Ia sengaja memilih untuk menggunakan jalan tol untuk menghindari kepadatan arus kendaraan akibat arus mudik 2022.

"Saya dari Kota Cirebon, mau pulang ke Plumbon sengaja pilih jalan tol biar enggak kena macet, tapi GT Cipernanya sudah ditutup," kata Cholid.

Khoridatul Bahiyyah Assihah (32) juga harus putar balik dan melintasi jalur Pantura Cirebon untuk pulang ke rumahnya di Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka.

Ia mengaku biasa menggunakan jalur tol saat bepergian dari Majalengka ke Cirebon, karena mempercepat waktu tempuh dibanding melalui jalur nontol.

Pihaknya juga mengakui telah mengetahui rencana penerapan oneway di jalur tol saat arus mudik 2022, tetapi tak menyangka pintu tol ditutup beberapa jam sebelum diterapkan.

"Saya biasanya lewat GT Ciperna, kemudian keluar di GT Sumberjaya. Namun, sekarang sudah tutup jadi lewat Pantura saja," ujar Khoridatul Bahiyyah Assihah.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Tak Tahu Ada One Way di Jalur Tol, Sejumlah Pengendara Terpaksa Putar Arah di GT Ciperna Cirebon

Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas