Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mengoptimalkan Pembinaan Potensi Maritim Melalui Kegiatan Penanaman Mangrove Nasional

Penanaman ini merupakan upaya TNI AL guna mengoptimalkan pembinaan potensi maritim dalam rangka menyiapkan kemampuan wilayah pertahanan laut

Penulis: Mario Christian Sumampow
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Mengoptimalkan Pembinaan Potensi Maritim Melalui Kegiatan Penanaman Mangrove Nasional
Tribunnews.com/Mario Christian Sumampow
Menteri Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya Bakar dan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono melakukan penanaman bibit Mangrove di Tanjung Pasir, Teluka Naga Tangerang, Banten, Selasa (26/7/2022) 

Laporan Wartawan Tribunnews, Mario Christian Sumampow

TRIBUNNEWS, TANGERANG - TNI Angkatan Laut (TNI AL) menggelar kegiatan penanaman mangrove nasional secara serentak di seluruh Indonesia.

Kegiatan dengan penyelenggara Dinas Potensi Maritim Angkatan Laut (Dispotmaral) ini dilaksanakan di 77 lokasi dan dipusatkan di Tanjung Pasir, Teluk Naga, Tangerang, Banten. 

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan penyelenggaraan penanaman ini merupakan upaya TNI AL guna mengoptimalkan pembinaan potensi maritim dalam rangka menyiapkan kemampuan wilayah pertahanan laut dan kekuatan pendukungnya secara dini. 

Kegiatan ini, lanjut Kasal Yudo Margono, juga sejalan dengan program pemerintah dan juga memberikan wawasan dan kesadaran kepada masyarakat arti pentingnya mangrove bagi kehidupan manusia. 

Baca juga: KSAL Tinjau Lahan Calon Lokasi Markas Besar TNI Angkatan Laut di IKN Nusantara

"Kegiatan ini memberikan wawasan bagi masyarakat tentang pentingnya mangrove bagi kehidupan manusia, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menjaga ekosistem laut yang diarahkan untuk menyiapkan Ruang, Alat, dan Kondisi (RAK) Juang yang tangguh bagi kepentingan pertahanan negara," ujar Kasal Yudo Margono dalam sambutannya, Selasa (26/7/2022).

Acara penanaman bibit mangrove ini dalam menyambut Hari Mangrove Sedunia yang diperingati setiap tanggal 26 Juli sekaligus dalam rangka memperingati HUT ke-77 kemerdekaan RI.

BERITA TERKAIT

Dalam kegiatan turut hadir Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya Bakar  juga Duta Besar (Dubes) Amerika, Jepang, Uni Emirat Arab, Korea, Uni Eropa, dan Jerman. 

Acara penanaman pun dilakukan secara simbolis oleh Kasal Yudo Margono bersama Siti Nurbaya dan diikuti secara serentak oleh 77 wilayah yang terkoneksi satu sama lain via Zoom. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas