Tribun

Papua Muda Inspiratif Bersama BIN Resmikan Pusat Produk UMKM di Mimika

Papua Muda Inspiratif (PMI) Kabupaten Mimika meresmikan sekretariat sekaligus pusat penjualan produk pelaku UMKM di Papua.

Penulis: Adi Suhendi
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Papua Muda Inspiratif Bersama BIN Resmikan Pusat Produk UMKM di Mimika
Istimewa
Deputi IV Bidang Intelijen Ekonomi, Badan Intelijen Negara (BIN) I Gde Made Kartikajaya saat meninjau TK Nangmora binaan Papua Muda Inspiratif, di Jalan Agimuga, Mile 32, Distrik Kuala Kencana, Papua, Kamis (27/8/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Papua Muda Inspiratif (PMI) Kabupaten Mimika meresmikan sekretariat sekaligus pusat penjualan produk pelaku UMKM binaannya di Jalan Pondok Sudarso, Kelurahan Kwamki, Distrik Mimika Baru, Kabupaten Mimika, Papua.

Sentra usaha binaan Papua Muda Inspiratif itu diresmikan langsung Deputi IV Bidang Intelijen Ekonomi, Badan Intelijen Negara (BIN) I Gde Made Kartikajaya.

Turut hadir dalam acara Kordinator Umum PMI Billy Mambrasar, Kordinator PMI Provinsi Papua Neil Aiwoy, Ketua PMI Kabupaten Mimika Eka Kora, dan Firsa Lokobar selaku Ketua Bagian UMKM PMI Kabupaten Mimika.

Baca juga: Papua Muda Inspiratif Binaan BIN Fasilitasi Petani Kelola Lahan 83,62 Hektare untuk Ditanami Jagung

PMI merupakan binaan BIN yang bertugas untuk membawa semangat baru bagi anak-anak muda Papua agar dapat mengimplementasikan ide dan gagasannya dalam rangka mendorong kesejahteraan masyarakat Papua.

"Saya bersyukur kini PMI sudah punya sekretariat dan tempat bisnis. Kami percaya PMI dapat memberikan manfaat dan membantu mewujudkan kesejahteraan masyarakat Papua," kata Eka Kora usai peresmian dilansir dari keterangan yang diterima, Jumat (26/8/2022).

Eka menyampaikan terimkasih kepada I Gde Made karena telah datang langsung untuk meresmikan tempat tersebut.

Ia pun berkomitmen untuk melaksanakan setiap arahan yang disampaikan I Gde Made.

"Ini tempat untuk semua anak muda Mimika, masyaratnya. Mari beli produk asli Papua," ujar Eka yang juga menjadi penjual obat herbal dari Papua.

Sementara Neil Awoy mengungkapkan ada dua kategori jenis UMKM yang dibina PMI.

Pertama, pelaku UMKM yang inkubasi, yaitu para pelaku UMKM yang tidak mempunyai jenis usaha atau produk tapi punya keinginan untuk bisnis, maka mereka diberi keterampilan oleh PMI

Menurut dia, UMKM yang sudah mempunyai produk masuk kategori akselerasi.

Produk mereka kemudian dipamerkan di sekretariaat PMI yang baru diresmikan tersebut.

Neil menuturkan, pihaknya juga akan memberikan dukungan secara pararel dengan marketplace online lewat e-commerce yang sudah ada maupun yang diinisiasi PMI.

"PMI ini memberikan ruang dan memfasilitasi teman-teman yang selama ini punya kreatifitas tapi tidak ada pasarnya, atau tidak ada tempat untuk di jual, sehingga sekretariat ini akan berfungsi sebagai marketplace offline," kata Neil.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas