Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Beri Perhatian pada Daerah Perbatasan Indonesia, YDKK Ikut Bantu Pembangunan Infrastruktur di NTT

Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas (DKK) turut berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur di Desa Humusu Wini, Insana Utara, Timor Tengah Utara, NTT.

Penulis: Wahyu Gilang Putranto
zoom-in Beri Perhatian pada Daerah Perbatasan Indonesia, YDKK Ikut Bantu Pembangunan Infrastruktur di NTT
Ist
Menteri Sosial Tri Rismaharini menandatangani prasasti peresmian gedung Community Center di Desa Humusu Wini, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (17/9/2022). Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas ikut berpartisipasi dalam pembangunan gedung di perbatasan Indonesia dan negara Timor-Leste itu 

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Sosial Tri Rismaharini menandatangani Prasasti Peresmian Gedung Community Center di Desa Humusu Wini, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (17/9/2022). 

Peresmian Gedung Community Center ini adalah wujud kerja kolaborasi pemerintah, sejumlah pihak, termasuk lembaga amal dan kemanusiaan untuk membangun infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat di daerah perbatasan Indonesia yang dekat dengan negara Timor Leste.

Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas (DKK), yang sumber dananya berasal dari pembaca Kompas, turut berpartisipasi dalam pembangunan ini.

Adapun infrastruktur yang dibangun terdiri dari satu unit poliklinik, satu unit community center, dan 28 rumah bantuan sosial.

Terdiri dari 20 rumah di Wini dan 8 rumah di Kupang Timur.

Sehari sebelum peresmian, DKK juga telah melaksanakan kegiatan bakti sosial operasi katarak untuk 83 lansia, yang mana melampaui target 70 orang.

Menteri Sosial Tri Rismaharini menandatangani prasasti peresmian gedung Community Center di Desa Humusu Wini, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (17/9/2022). Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas ikut berpartisipasi dalam pembangunan gedung di perbatasan Indonesia dan negara Timor-Leste itu
Menteri Sosial Tri Rismaharini menandatangani prasasti peresmian gedung Community Center di Desa Humusu Wini, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (17/9/2022). Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas ikut berpartisipasi dalam pembangunan gedung di perbatasan Indonesia dan negara Timor-Leste itu (Ist)

Baca juga: YDKK Gelar Operasi Katarak Gratis di Perbatasan Timor Leste, 100 Pasien Bisa Melihat Kembali

Ide kolaborasi dengan pemerintah ini muncul ketika Risma datang ke Humusu Wini untuk meninjau kondisi dampak Badai Seroja pada April 2021.

BERITA TERKAIT

Setahun kemudian, dirinya mengajak sejumlah pihak untuk datang ke lokasi pada Maret 2022 untuk memutuskan infrastuktur apa yang perlu dibangun.

Hal ini dituturkan secara langsung oleh Risma dalam peresmian tersebut.

“Dan, hari ini saya datang lagi ketiga kalinya untuk peresemian,” ujar Risma.

Risma mengungkapkan banyak terimakasih kepada pihak yang turut berkontribusi dalam memajukan perbatasan.

“Saya percaya, dengan kita bersama-sama dan bergotong-royong, permasalahan kita seberat apa pun, kita bisa menyelesaikanya. Sekali lagi kalau kita bergandeng tangan, tidak ada yang tidak mungkin kita bisa selesaikan,” katanya.

Risma menyampaikan poliklinik yang dibangun itu nanti akan digunakan untuk kebutuhan warga setempat dalam hal pelayanan kesehatan.

Ia memahami, layanan kesehatan bagi warga perbatasan masih perlu ditingkatkan.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas