Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Upaya Pencarian Korban KM Cantika Express 77 Diperpanjang, Pengamat Tanyakan Soal Manifest Penumpang

Perpanjangan waktu operasi selama tiga hari kedepan berdasarkan permintaan dari keluarga korban hilang yang mendapat dukungan dari Pemkab Alor

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Upaya Pencarian Korban KM Cantika Express 77 Diperpanjang, Pengamat Tanyakan Soal Manifest Penumpang
TRIBUNNEWS.COM/BAKAMLA RI
TRIBUNNEWS.COM, KUPANG - Personel Stasiun Bakamla Kupang yang tergabung dalam Tim SAR gabungan evakuasi korban Kapal Cepat KFC EXP. Cantika 77 yang mengalami kebakaran pada (24/10) sekira pukul 13.00 WITA di perairan Naikliu, Kabupaten Kupang, Selasa (25/10/2022). Kapal Cepat KFC Exp. Cantika 77 ini melayani rute Pelabuhan Tenau Kupang - Pelabuhan Kalabahi Alor dengan membawa 167 penumpang dan 10 orang ABK. Penyebab kebakaran hingga saat ini belum diketahui. //BAKAMLA RI 

Laporan Wartawan Pos Kupang Christin Malehere

TRIBUNNEWS.COM, KUPANG - Tim Gabungan memperpanjang proses pencarian korban hilang akibat terbakarnya KM Cantika Express 77 selama tiga hari kedepan.

Penambahan proses pencarian para korban hilang dilakukan pasca Operasi SAR selama tujuh hari yang sudah dilakukan namun masih ada korban yang belum ditemukan.

Terbakar kapal Express Cantika Lestari 77 juga menarik perhatisan Pengamat Maritim Marcellus Hakeng Jayawibawa soal manifest penumpang.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang, I Putu Sudayana mengatakan, perpanjangan Operasi SAR terhadap korban  terbakarnya KM Cantika Express 77 dimulai pada Senin 31 Oktober 2022 hingga Rabu 2 November 2022 mendatang.

Perpanjangan waktu operasi selama tiga hari kedepan berdasarkan permintaan dari keluarga korban hilang yang mendapat dukungan dari Pemkab Alor.

"Bahkan pihak keluarga korban juga menyediakan satu unit kapal di Perairan Naikliu untuk membantu Tim SAR melakukan pencarian terhadap korban hilang," katanya usai menggelar rapat evaluasi bersama Tim SAR Gabungan, Minggu 30 Oktober 2022 petang.

Baca juga: Update Jumlah Korban Kapal Cantika 77 yang Terbakar di Kupang: 19 Penumpang Meninggal Dunia

BERITA REKOMENDASI

Sudayana mengatakan terkait pelaksanaan Operasi SAR sejak hari pertama sampai hari ketujuh ini berlangsung aman dan lancar, kemudian setelah dilakukan sinkronisasi data, total korban selamat berjumlah 325 orang, korban meninggal dunia 20 orang dan masih dalam pencarian 17 orang.

Menurut I Putu Sudayana, dari 17 korban yang dinyatakan masih hilang tersebut terdapat satu jenazah bayi yang meninggal dunia di RSUD W. Z Yohanes Kupang, dan hendak dibawa keluarga keluarga ke Alor. 

 "Saat itu terdapat jenazah bayi yang ikut pelayaran itu dari Kupang ke Alor. Sehingga total keseluruhan penumpang KM Express Cantika 77 berjumlah 362 orang," sebutnya.

Pengamat maritim, Marcellus Hakeng Jayawibawa dalam keterangan tertulis kepada Tribunnews.com, Senin (31/10/2022) nmempertanyakan mengenai manifes dari jumlah penumpang kapal Ferry Express Cantika Lestari 77.

Berdasarkan info dari Kepala Cabang PT Pelayaran Darma Indah Kupang Syeren Patrisia, kepada sejumlah wartawan, Rabu (26/10/2022) dikatakan jumlah penumpang sebanyak 226 penumpang setelah manifes diisi keesokan harinya saat kapal dinyatakan terbakar.

Kapasitas KFC Express Cantika Lestari 77 berjumlah 416 orang penumpang.

"Lalu, mengapa ketika tim penolong melakukan penyelamatan berhasil mengevakuasi sekitat 326 penumpang dan menemukan sekitar 18 jenazah dan bahkan masih ada korban yang belum ditemukan kisaran duapuluhan penumpang?" katanya.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas