Tribun

Bupati Lombok Barat Lakukan Penanaman 1000 Pohon Durian di Gunung Sasak

penanam 1000 pohon ini tentunya sangat berdampak positif bagi petani lokal khususnya untuk meningkatkan pendapatan.

Penulis: M Alivio Mubarak Junior
Editor: Willem Jonata
zoom-in Bupati Lombok Barat Lakukan Penanaman 1000 Pohon Durian di Gunung Sasak
Tribunnews.com/ Alivio
Penanaman 1000 Pohon Durian di Gunung Sasak, Lombok Barat, Senin (29/11/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mohammad Alivio

TRIBUNNEWS.COM, LOMBOK - Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid turut serta melakukan penanaman 1000 pohon durian di Gunung Sasak, Lombok Barat, Rabu (29/11/2022).

Adapun Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Pemerintah Provinsi NTB Julmansyah, serta Executive Vice President Corporate Communication & Social Responsibility BCA, Hera F Haryn.

Menurut Bupati Fauzan, penanam 1000 pohon ini tentunya sangat berdampak positif bagi petani lokal khususnya untuk meningkatkan pendapatan.

"Saya mohon dengan segala hormat, yang dapat SK pengelolaan ini tolong dijaga, kalo sudah dijaga saya yakin yg merasakan efek postitifnya kita semua," kata Bupati Fauzan di lokasi.

"Saya yakin kalau dikelola dua anak bisa kuliah, tentunya dijaga supaya tidak ada kerusakan lingkungan," lanjutnya.

Baca juga: Desa Wisata Bilebante, Tawarkan Pemandangan Sawah dan Kebun yang Indah 

Untuk diketahui, program penanaman 1000 pohon durian ini diinisiasikan oleh BCA karena berkomitmen mewujudkan visi keberlanjutan dalam setiap aksi nyata perseroan sebagai bagian dari implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Hera mengatakan pihaknya menginisiasi penanaman pohon di Wilayah Gunung Sasak dengan maksud mendukung konservasi kawasan pegunungan Sasak sebagai habitat pendukung utama kehidupan di wilayah sekitar.

"Pada akhirnya dapat memberi dampak signifikan terhadap pengurangan emisi karbon, pemulihan alam, serta pengaturan iklim," ujar Hera.

Pihaknya melihat banyak potensi manfaat yang dapat timbul dari penanaman bibit pohon ini. 

Khusus Penanaman 1000 pohon durian di Kawasan Gunung Sasak Lombok ini, diharapkan dapat menuai dua manfaat, antara lain ekologis dan ekonomis.

Penanaman pohon tersebut juga dilakukan sebagai bagian dari gerakan BCA Go Bi6 5tep, yaitu inisiasi menanam 18 ribu pohon di sejumlah lokasi di Tanah Air dalam rangka mewujudkan lingkungan yang hijau dan mendukung net zero emission. 

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas