Tribun

Helikopter Polri Jatuh di Belitung

Pilot Helikopter AKP Arif Rahman Masih Dicari, Sisir 7 Sektor yang Ditentukan

Armada yang diturunkan pada operasi SAR, lima kapal Polri, 4 kapal dari unsur TNI-AL, kapal Dinas Perhubungan, dan tiga speed boat serta Helikopter

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Pilot Helikopter AKP Arif Rahman Masih Dicari, Sisir 7 Sektor yang Ditentukan
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Upacara penyerahan jenazah CoPilot dan mekanik helikopter NBO-105 milik Polri, Briptu M Lasminto dan Bripda Khairul Anam di Lapangan Terbang Polisi Udara, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (30/11/2022). Briptu M Lasminto dan Bripda Khairul Anam merupakan dua dari empat korban helikopter NBO-105 milik Polri yang jatuh di Perairan Manggar, Kepulauan Bangka Belitung pada Minggu (27/11/2022) lalu. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Pos Belitung  Disa Aryandi

TRIBUNNEWS.COM, BELITUNG - Tim SAR Gabungan terus berupaya mencari helikopter NBO-105/P-1103 di perairan Belitung Timur, Kamis (1/12/2022).

Operasi SAR hari kelima ini, menggarap tujuh sektor yang telah ditentukan.

Tujuh sektor tersebut secara keseluruhan memiliki luasan 30 mil laut.

Armada yang diturunkan pada operasi SAR, lima kapal Polri, empat kapal dari unsur TNI-AL, kapal Dinas Perhubungan, dan tiga speed boat serta Helikopter.

"Hari ini masih sama rencana seperti kemarin.

Baca juga: Kendala Cuaca Halangi Pencarian Helikopter NBO-105/P-1103 yang Jatuh

Pencarian tetap melalui penyisiran dan pengamatan melalui pengindaraan bawah laut," kata Ketua Pelaksana SAR Helikopter NBO-105/P-1103 Kombes Pol Drs Hendrawan kepada Posbelitung.co, Kamis (1/12/2022).

Pengamatan melalui pengindaraan bawah laut, mengandalkan KRI Spica 934.

Kapal TNI-AL ini menjadi salah satu kapal yang diandalkan dalam operasi SAR, lantaran memiliki teknologi sonar atau deteksi benda logam di bawah laut.

Sonar yang ada di KRI Spica tersebut bisa mendeteksi benda-benda logam yang ada di bawah laut.

Teknologi sonar itu memiliki jangkauan sangat luas, mencapai lima nautical mile sehingga cukup mempermudah dari segi jangkauan pencarian.

Khusus untuk KRI Spica, sistem pencariannya pada tahap pertama bergerak ataupun memantau di area yang telah ditentukan.

"Jika sudah melakukan pemantauan di daerah tersebut, dan tidak menemukan hasil apapun, maka akan berpindah ke area lain," ujar Hendrawan. 

Tim SAR Gabungan pencarian Helikopter NBO-105/P-1103 di perairan Belitung Timur, Kamis (1/12/2022) masih terus melakukan pencarian.
Tim SAR Gabungan pencarian Helikopter NBO-105/P-1103 di perairan Belitung Timur, Kamis (1/12/2022) masih terus melakukan pencarian. (Pos Belitung/Disa Aryandi)

Helikopter NBO-105/P-1103 itu jatuh di perairan Belitung Timur pada, Minggu (27/11/2022).

Di dalam Helikopter tersebut ada empat kru, yaitu Bripda Muhammad Khoirul Anam, Briptu Muhammad Lasminto, Aipda Joko Mudo.

Khusus untuk tiga kru Helikopter tersebut kini sudah ditemukan.

Sedangkan pilot Helikopter, AKP Arif Rahman Saleh hingga kini masih dilakukan pencarian. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Artikel ini telah tayang di PosBelitung.co dengan judul Pilot Helikopter AKP Arif Rahman Masih Dicari, Area Pencarian Diperluas, Turunkan KRI Spica

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas