Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Polisi Duga Pesawat Susi Air Disandera KKB, Kondisi Pilot hingga Penumpang Belum Diketahui 

Pihak TNI dan Polri masih mencari keberadaan pilot hingga penumpang pesawat Susi Air dengan nomor penerbangan SI 9368 yang diduga dibakar KKB

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Polisi Duga Pesawat Susi Air Disandera KKB, Kondisi Pilot hingga Penumpang Belum Diketahui 
Tribun-Papua.com/Istimewa
Pesawat milik Susi Air dengan seri SI 9368 dilaporkan dibakar Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Bandara Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, Selasa (7/2/2023) pagi 

TRIBUNNEWS.COM, PAPUA - Pihak TNI dan Polri masih mencari keberadaan pilot hingga penumpang pesawat Susi Air dengan nomor penerbangan SI 9368 yang diduga dibakar Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) saat berada di lapangan terbang Paro, Kabupaten Nduga.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo menduga jika pesawat tersebut disandera KKB karena memasuki markas mereka.

"Tim juga akan mendalami terkait murni atau tidaknya kecelakan yang menyebabkan terbakarnya pesawat Pilatus Porter Susi Air tersebut atau diduga dibakar oleh pihak-pihak tertentu," kata Benny dalam keterangannya, Selasa (7/2/2023).

"Tidak menutup kemungkinan pesawat ditahan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Nduga Pimpinan Egianus Kogoya dikarenakan wilayah itu masuk dalam markas mereka," sambungnya.

Terpisah, Kuasa Hukum Susi Air, Donal Fariz mengatakan saat ini pihaknya tengah berkomunikasi dengan otoritas terkait guna proses pencarian pilot hingga penumpang pesawat.

"Tentu saja kami juga berkoordinasi dan melakukan komunikasi dengan otoritas terkait, untuk membantu mempercepat proses mengetahui kejadiaan tersebut keberadaan pilot dan hal-hal yang berkaitan dengan kejadian yang terjadi pagi ini," ucap Donal.

Donal berharap proses pencarian berjalan dengan baik dan pilot hingga penumpang pesawat bisa segera ditemukan.

BERITA REKOMENDASI

"Tentu saja ini kejadian yang tidak kita inginkan, dan kita berharap seluruh komponen bisa secara cepat untuk mengkonfirmasi dan memastikan kondisi pesawat dan pilot tersebut," tukasnya.

Sebelumnya, TNI AD mengungkapkan pesawat Susi Air dibakar di Bandara Paro, Nduga, Papua Pegunungan, Selasa (7/2/2023) pagi.

Pesawat Susi Air dibakar Kelompok Separatis Teroris (KST) di bawah komando Egianus Kogoya.

Hingga kini belum diketahui bagaimana nasib pilot penumpang.

“Untuk kondisi Pilot dan Co Pilot kami belum bisa memastikan. Namun kita doakan semoga mereka selamat,” kata Komandan Korem 172/PWY Brigjen Juinta Omboh Sembiring.

Baca juga: Pesawat Susi Air Diduga Dibakar KKB, Susi Pudjiastuti Berharap Pilot dan Penumpang Selamat

Berikut nama pilot dan penumpang pesawat Susi Air:

1. Philips (Pilot)

2. Demanus Gwijangge

3. Minda Gwijangge

4. Pelenus Gwijangge

5. Meita Gwijangge

6. Wetina W (bayi)
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas