Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Satgas Damai Cartenz Diturunkan Usut Kondisi Pilot dan Penumpang Pesawat Susi Air

(Satgas) Operasi Damai Cartenz turut menyelidiki kasus pesawat Susi Air yang Diduga Dibakar Kelompok Kriminal Bersenjata di Bandara Distrik Paro Nduga

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Satgas Damai Cartenz Diturunkan Usut Kondisi Pilot dan Penumpang Pesawat Susi Air
TribunPapua.com
sosok Egianus Kogoya yang diduga kuat membakar pesawat Susi Air di Landasan Terbang Paro, Nduga, Papua Pegunungan. Satgas Damai Cartenz Diturunkan Usut Kondisi Pilot dan Penumpang Pesawat Susi Air 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Satuan Tugas (Satgas) Operasi Damai Cartenz turut menyelidiki kasus pesawat Susi Air yang diduga dibakar Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Bandara Distrik Paro, Nduga, Papua Tengah.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Prabowo menyebut Satgas tersebut bersama tim gabungan lain akan menyelidiki keberadaan pilot dan kelima penumpangnya yang belum diketahui.

"Aparat gabungan TNI-Polri yang tergabung dari Ops Damai Cartenz, personel Polres Nduga dan rekan-rekan TNI akan melakukan investigasi terkait kondisi Pilot beserta seluruh penumpang pesawat," kata Benny dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Selasa (7/2/2023).

Benny menyebut dari hasil penyelidikan sementara pesawat Pesawat Pilatus Porter Susi Air dengan No Penerbangan SI 9368 itu hilang kontak usai mendarat di Bandara Paro.

"Pukul 06.17 WIT, pesawat Susi Air landing di Bandara Paro Kab. Nduga, namun hingga sampai sampai saat ini pukul 09.15 WIT, pesawat belum juga kembali dari Distrik Paro Kab. Nduga ke Timika," jelasnya.

Sebelumnya, TNI AD mengungkapkan pesawat Susi Air dibakar di Bandara Paro, Nduga, Papua Pegunungan, Selasa (7/2/2023) pagi.

Pesawat Susi Air dibakar Kelompok Separatis Teroris (KST) di bawah komando Egianus Kogoya.

BERITA REKOMENDASI

Hingga kini belum diketahui bagaimana nasib pilot penumpang.

“Untuk kondisi Pilot dan Co Pilot kami belum bisa memastikan. Namun kita doakan semoga mereka selamat,” kata Komandan Korem 172/PWY Brigjen Juinta Omboh Sembiring.

Adapun pilot pesawat tersebut bernama Philips Max Marthin yang merupakan warga negara Selandia Baru.

Sementara lima orang penumpang yakni bernama Demanus Gwijangge, Minda Gwijangge, Pelenus Gwijangge, Meita Gwijangge, dan Wetina W yang masih bayi.

Kronologi Hilangnya Pesawat

Pesawat Susi Air dengan nomor registrasi PK BVY hilang kontak sesaat usai mendarat di Bandara Paro, Nduga, Papua Pegunungan.

Maskapai milik mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti itu diduga dibakar pihak tertentu.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas