Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Simpang Siur Nasib Pilot Susi Air, Disebut Disandera, Dibantah Panglima TNI

Nasib Philips Max Marthin, pilot dari pesawat Susi Air yang dibakar di Kabupaten Nduga, Papua masih simpang siur.

Penulis: Daryono
Editor: Wahyu Gilang Putranto
zoom-in Simpang Siur Nasib Pilot Susi Air, Disebut Disandera, Dibantah Panglima TNI
Kolase Tribunnews
Simpang siur nasib pilot Susi Air, disebut disandera KKB, dibantah Panglima TNI. 

TRIBUNNEWS.COM - Nasib Philips Max Marthin, pilot dari pesawat Susi Air yang dibakar di Bandara Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan pada Selasa (7/2/2023) pagi, hingga Rabu sore masih simpang siur. 

Diketahui, pesawat Susi Air yang terbang dari Bandara Moses Kilangin, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, dibakar setelah mendapat di Bandara Paro

Pesawat yang mengangkut enam orang terdiri satu pilot dan lima penumpang ini diduga dibakar oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya

Klaim penyendaran terhadap pilot Susi Air disampaikan pihak KKB. 

Baca juga: Kata DPR RI soal Pilot Susi Air yang Disandera KKB di Papua, Minta Pihak Terkait untuk Berkoordinasi

Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TNPB-OPM) Sebby Sambom menyatakan mereka telah menyandera pilot Susi Air yang pesawatnya dibakar. 

Namun, Sebby menyatakan hanya menyandera sang pilot, sementara lima penumpang tidak disandera.

"Kalau penumpangnya tidak disandera, karena mereka itu masyarakat asli di sana," kata Sebby kepada Tribun-Papua.com, lewat panggilan telepon di Jayapura, Provinsi Papua, Rabu (8/2/2023).

BERITA TERKAIT

Sebby mengungkapkan, pihaknya menyandera pilot itu dengan tujuan sebagai alat negosiasi dengan Selandia Baru karena pilot Philips Max Marthin merupakan warga Selandia Baru. 

"Pilot ini bukan orang Indonesia, tapi dia warga negara New Zealand dan itu tetangga kita. Jadi kami bertanggung jawab untuk menjaga pilot hingga ada negosiasi tiba, karena dia bukan musuh," ujarnya.

Menurut Sebby, soal lepasnya pilot tersebut, akan dilakukan melalui negosiasi bersama pemerintah New Zealand.

"Jadi soal pilot ini kami akan melakukan negosiasi dengan New Zealand, dan mereka harus mencari mediator dari Organisasi PBB agar melobi ke Jakarta untuk kami berunding," ujarnya.

Panglima TNI bantah adanya penyanderaan pilot Susi Air

Sementara itu, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono membantah informasi yang menyebut pilot Susi Air disandera KKB.

"Nggak ada penyanderaan," tegas Yudo dalam rapat pimpinan (rapim) TNI-Polri di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (8/2/2023).

TRIBUNNEWS.COM - Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., didampingi Ketua Umum (Ketum) Dharma Pertiwi Ny. Vero Yudo Margono menghadiri Peringatan Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU) di Stadion Gelora Delta Sidoarjo pada Selasa (7/2/2023).

 

Kedatangan Panglima TNI dan Ibu Yudo Margono disambut oleh tokoh NU dan para santri, acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu dilanjutkan dengan membaca ayat suci Al Qur'an dan salawat bersama-sama. Kehadiran Panglima TNI dan Ibu Vero Yudo Margono beserta Kepala Staf Angkatan dalam rangka mendampingi Presiden RI dan Ibu Iriana Joko Widodo yang membuka acara tersebut secara resmi.

 

Peringatan satu Abad Nahdlatul Ulama (NU) itu juga dihadiri oleh Wapres RI beserta Ibu Wury Ma?ruf Amin serta sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju. Hadir juga Presiden Indonesia ke-5 Ibu Megawati Soekarno Putri dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa serta para Tokoh NU. //PUSPEN TNI
TRIBUNNEWS.COM - Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., (TRIBUNNEWS.COM/PUSPEN TNI)
Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas