Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Terduga Teroris Ditangkap Densus di Cirebon: Merantau dari Palembang, Sehari-hari Berjualan Kerupuk

Dalam kesehariannya AT dikenal sebagai sosok yang mudah bergaul dan tidak melakukan aktivitas apapun yang mencurigakan warga.

Penulis: Erik S
zoom-in Terduga Teroris Ditangkap Densus di Cirebon: Merantau dari Palembang, Sehari-hari Berjualan Kerupuk
TRIBUNCIREBON.COM/AHMAD IMAM BAEHAQI
Kondisi rumah kontrakan terduga teroris berinisial AT di Desa Kubang, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, Kamis (9/2/2023). Tempak perangkat desa Kubang Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon Jawa Barat saat akan mengecek kondisi rumah tersebut 

TRIBUNNEWS.COM, CIREBON -  Kuwu atau Kepala Desa Kubang, Wawan Karyawan mengetahui warganya, AT (28) ditangkap Densus 88 Antiteror Mabes Polri Desa Kubang, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

AT ditangkap Densus 88 karena diduga terkait terorisme pada Selasa (7/2/2023) pagi kira-kira pukul 04.57 WIB.

Baca juga: 2 Ponsel, Buku Tabungan dan Catatan Jihad Diamankan Densus 88 dari Rumah Terduga Teroris di Cirebon

Bahkan, pihaknya pun mengaku kaget saat pertama kali mendapat informasi mengenai penangkapan AT oleh jajaran Densus 88 Antiteror.

Sebab, menurut dia, dalam kesehariannya AT dikenal sebagai sosok yang mudah bergaul dan tidak melakukan aktivitas apapun yang mencurigakan warga.

"Orangnya biasa saja dan suka membaur, tidak tertutup atau aneh-aneh apa," kata Wawan Karyawan saat ditemui di Balai Desa Kubang, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, Kamis (7/2/2023).

Ia mengatakan, sejak datang ke Desa Kubang pada Agustus 2021 aktivitas keseharian AT juga tergolong normal seperti masyarakat pada umumnya.

Karenanya, sebagian warga Desa Kubang juga turut terkejut mengetahui AT diduga terlibat jaringan terorisme, sehingga ditangkap Densus 88.

BERITA REKOMENDASI

Wawan menyampaikan, saat pertama kali menemuinya AT mengaku berasal dari Palembang dan memiliki kerabat yang tinggal di Desa Kubang.

Baca juga: Dua Hari Berturut-turut, Densus 88 Tangkap 6 Tersangka Teroris di Wilayah Palembang hingga Cirebon

"AT ini pendatang, tapi mengurus perpindahan domisili setelah enam bulan tinggal di sini, sehingga menjadi warga Desa Kubang," ujar Wawan Karyawan.

Selama kira-kira 1,5 tahun tinggal di Desa Kubang, AT mengontrak sebuah rumah untuk ditempati bersama istri dan anaknya.

Namun, saat ini rumah yang telah digeledah Densus 88 itu pun kondisinya kosong, dan anak serta istri AT juga tidak diketahui keberadaannya.

Pendatang dari Palembang

Menurut dia, AT beserta anak dan istrinya merupakan warga pendatang dari Palembang yang kini telah menjadi warga Desa Kubang.

"Sehari-hari, AT berjualan kerupuk kemplang khas Palembang," ujar Wawan Karyawan saat ditemui di Balai Desa Kubang, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, Kamis (9/2/2023).

Situasi lokasi penangkapan terduga teroris berinisial AT di Desa Kubang, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Kamis (9/2/2023)
Situasi lokasi penangkapan terduga teroris berinisial AT di Desa Kubang, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Kamis (9/2/2023) (Tribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi)
Halaman
123
Sumber: Tribun Lampung
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas