Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dihadiri Menkominfo, Relawan Muda Makin Cakap Digital Disebut Sukses Digelar di Ternate

Surya mengungkapkan pentingnya kampanye makin cakap digital kepada kalangan para relawan muda

Penulis: Reza Deni
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Dihadiri Menkominfo, Relawan Muda Makin Cakap Digital Disebut Sukses Digelar di Ternate
Istimewa
Ajang Prestasi dan Kreativitas Relawan Muda (Apkremu-V) di SMAN 5 Ternate 

Laporan Reporter Tribunnews.com,  Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gelaran acara kampanye makin cakap digital di Ajang Prestasi dan Kreativitas Relawan Muda (Apkremu-V) di SMAN 5 Ternate pada Sabtu, 18 Februari 2023 lalu disebut sukses terselenggara menggaet antusiasme masyarakat.

Ribuan masyarakat yang umumnya didominasi oleh kaum muda milenial tersebut nampak serius mendengarkan sambutan Menteri Kominfo Johnny G Plate melalui sebuah layar yang telah disiapkan di sebuah sudut lapangan basket.

"Antusiasme masyarakat sekitar dan para relawan muda yang hadir pada kesempatan tersebut semakin terlihat tatkala kedatangan Gubernur provinsi Maluku Utara yang tampil memberikan sambutan di panggung utama malam itu," kata Surya Ardhy selaku Ketua Pelaksana Apkremu-V dalam keterangan yang diterima, Selasa (21/2/2023).

Adapun Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba menyampaikan bahwa dua hal penting yang saat ini dialami oleh masyarakat Maluku Utara yaitu tingkat pertumbuhan ekonomi tertinggi di dunia serta menjadi provinsi paling bahagia di Indonesia.

Baca juga: Optimalkan Ekosistem Digital, Surge Gandeng Huaxin

"Dengan kedua hal tersebut, maka ikut berpengaruh pada perkembangan dunia pendidikan dan kehidupan para kaum muda di Maluku Utara," kata dia.

Kembali ke Surya Adhy, dia mengatakan gelaran Temu Konten Kreator dan Relawan Muda di kesempatan malam itu juga menarik bagi mereka yang datang menyaksikan berbagai rangkaian acara yang digelar.

BERITA TERKAIT

Adapun acara itu di antaranya yakni talkshow bertajuk Menjadi Pengguna Media Sosial yang Bijak, Kreatif dan Inovatif dengan para narasumbernya Musrifah Alhaadar selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Maluku Utara, Saya Khoko dan Tete Ko selaku konten kreator.

"Selain kehadiran para narasumber yang tampil memberikan banyak informasi dan edukasi bagi para relawan muda serta masyarakat yang hadir dimalam itu, juga suasana menjadi semakin lebih hidup dan penuh semarak ketika tiba pada sesi gimik berhadiah yang diberikan kepada para peserta dan pengunjung di lokasi acara," kata Surya.

Surya mengungkapkan pentingnya kampanye makin cakap digital kepada kalangan para relawan muda.

"Adanya keterkaitan yang sangat erat antara pelaksanaan Apkremu dengan tujuan program Merdeka Belajar maupun project Literasi Digital pada kesempatan saat ini yaitu semuanya berbasis pada situasi ruang belajar yang sama yaitu outing Ccass dengan nuansa pembelajaran yang tentunya lebih nyaman," kata dia.

Surya menilai situasi ini juga menciptakan karakter para relawan muda yang berani, mandiri dan cerdik dalam bergaul dan bersosialisasi.

"Sehingga realitas ini pula dapat menghasilkan generasi muda milenial memiliki kecakapan intelektual serta moral yang luhur di lingkungan masyarakat sekitar. Yang lebih penting adalah mereka dibekali pengetahuan dan diberi pemahaman tentang empat pilar literasi digital, yaitu etika digital, budaya digital, keamanan digital dan cakap digital," Ungkap Surya.

Senada dengan Surya, regional director Literasi Digital Provinsi Maluku Utara dan Papua, Thamtin Ali Ibrahim, mengemukakan bahwa kampanye makin cakap digital bagi kalangan relawan muda seperti saat ini menjadi penting untuk membentuk sumber daya manusia yang maju.

Sebab, menurutnya, SDM maju berdampak untuk Indonesia Emas 2024

"Berbagai rangkaian kegiatan dalam gelaran ini pula dapatkitabuktikan bahwa para relawan muda yang berperan nanti akan memiliki kemampuan dan pengalaman yang lebih dalam berbagai bidang keilmuan, baik sains, seni, budaya, teknologi, maupun bahasa dan juga literasi, terlebih di era transformasi digital yang menggeliat saat ini," kata Thamtin

Namun, Thamtin mengataka literasi yang dimaksud bukans sekadar tentang membaca atau menulis semata, melainkan memahami seluk beluk substansi bacaan atau sebuah tulisan secara utuh.

"Ssehingga diperlukan kecakapan khusus yang pada akhirnya akan mampu memiliki kompetensi dan spesifikasi berdasarkan minat dan bakat masing-masing dengan memanfaatkan berbagai platform digital yang tersedia saat ini secara bijak, kreatif dan inovatif bagi pengembangan potensi akademik dan kompetensi teknis setiap diri individu," kata dia

"Itulah benang merah antara merdeka belajar dengan kampanye literasi digital yang digalakkan secara bersamaaan pada momentum kegiatan Apkremu saat ini," pungkasnya. (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas