Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Situasi Berangsur Kondusif, Polda Papua Evaluasi Penanganan Rusuh di Wamena

Pascakerusuhan yang menewaskan 10 orang dan melukai puluhan warga, situasi di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua Pegunungan berangsur kondusif.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Situasi Berangsur Kondusif, Polda Papua Evaluasi Penanganan Rusuh di Wamena
Dokumentasi Humas Polda Papua
Tampak gempulan asap dari bangunan yang dibakar oleh masyarakat di Kampung Sapalek, Jalan Trans Irian, Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya. Kebakaran tersebut terjadi akibat isu penculikan anak yang menyebabkan sejumlah warga membakar kios dan ruko di wilayah tersebut. Pascakerusuhan yang menewaskan 10 orang dan melukai puluhan warga, situasi di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua Pegunungan berangsur kondusif. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pascakerusuhan yang menewaskan 10 orang dan melukai puluhan warga, situasi di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua Pegunungan berangsur kondusif.

Namun masih belum banyak warga yang melakukan aktivitas di luar rumah. Sebagian pertokoan pun masih tutup.

Kepolisian Resor Jayawijaya saat ini menangani kasus kericuhan yang terjadi di Kampung Sapalek, Jalan Trans Irian, Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya - Kapolres Jayawijaya AKBP Hesman S Napitupulu mengatakan aparat keamanan sempat diserang oleh massa saat kerusuhan pecah di Wamena, Kamis (23/2/2023).
Kepolisian Resor Jayawijaya saat ini menangani kasus kericuhan yang terjadi di Kampung Sapalek, Jalan Trans Irian, Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya - Kapolres Jayawijaya AKBP Hesman S Napitupulu mengatakan aparat keamanan sempat diserang oleh massa saat kerusuhan pecah di Wamena, Kamis (23/2/2023). (Dokumentasi Humas Polda Papua)

Terkait upaya pasca kerusuhan, Kabid Humas Polda Papua, Kombes Benny Ady Prabowo menyampaikan aparat keamanan yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melakukan evaluasi dengan menggelar rapat untuk secara bersama menciptakan situasi kondusif, dan menyelesaikan masalah secara bijaksana.




"Upaya-upaya yang dilakukan pasca terjadinya kerusuhan, pagi tadi sudah dilakukan rapat Forkopimda di mana masing-masing pihak pemerintah melakukan upaya bersama-sama dengan tokoh masyarakat lainnya untuk mendukung upaya dari aparat keamanan, menciptakan situasi keamanan di wilayah Kota Wamena, dan menyelesaikan permasalahan secara bijaksana," kata Benny dalam tayangan Kompas TV, Sabtu (25/2/2023).

Terpisah, Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri mengatakan, situasi wamena saat ini telah pulih dan kondusif.

Menurut Mathius, rusuh massa sebelumnya dipicu hoaks penculikan anak.

Ia pun mengaku akan mengevaluasi personelnya yang menangani kasus mengapa sampai berujung kerusuhan massa.

BERITA TERKAIT

Bukan cuma menyerang petugas, massa juga merusak sejumlah bangunan dan membakar kios milik warga.

"Kita ketahui kejadian kemarin bermula daripada hoaks yang menyampaikan ada penculikan terhadap anak di bawah umur, anak SD, yang memang direspons oleh anggota Polres Jayawijaya untuk segera menangani," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas