Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Luapan Danau Lido Bogor Picu Longsor dan Banjir, Ini Jalan dan Desa yang Terdampak

Akibat longsor, jalan tidak bisa dilalui oleh kendaraan apapun, baik roda dua maupun roda empat. Namun, kini material longsor sudah disingkirkan.

Editor: Willem Jonata
zoom-in Luapan Danau Lido Bogor Picu Longsor dan Banjir, Ini Jalan dan Desa yang Terdampak
TribunnewsBogor.com
Warga Kampung Loji, Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupeten Bogor, gotong royong singkirkan material longsor yang menutup akses jalan, Minggu (19/3/2023). 

TRIBUNNEWS.COM - Luapan Danau Lido, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, membuat Jalan penghubung antar Kampung Loji dan Kampung Palalangon, Desa Pasir Jaya, sempat tertutup longsor.

Warga dibantu Babinsa Desa Pasir Jaya turun tangan bergotong royong menyingkirkan material longsor agar jalan kembali bisa dilewati.

Saat ini jalan tersebut sudah bisa dilewati. Demikian dikatakan Ketua RT. 01/09 Kampung Loji, Parman, Minggu (19/3/2023).

"Ini kejadiannya malam, kita bersih-bersih, evakuasi longsor ini dari jam 7 sampai sekarang belum selesai," ujarnya pada TribunnewsBogor.com.

Mulanya jalan ini tidak bisa dilalui oleh kendaraan apapun, baik roda dua maupun roda empat.

Baca juga: Nenek dan Cucu Korban Tanah Longsor di Kota Bogor Ditemukan Dalam Kondisi Meninggal

Setelah dibersihkan oleh warga pada pukul 09:00 WIB kendaraan roda dua sudah dapat melintas, namun roda empat belum dapat melintas.

"Alhamdulillah dua jam gotong royong motor bisa lewat, tapi mobil mah belum," imbuhnya.

BERITA REKOMENDASI

6 Desa di Cigombong terdampak luapan Danau Lido

Enam Desa diwilayah Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat banjir akibat luapan air di Danau Lido pada Sabtu (18/3/2023) malam.

Wilayah yang terdampak yakni di Kampung Tambakan Desa Wates jaya, Kampung Citiis RW. 05 Desa Ciburayut, Kampung Cibogo RT. 04/06 Desa Tugu jaya.

Kemudian Kampung Pasir Jawa rt 02/07 desa pasir jaya, Kampung Loji RW. 09 Desa Pasir Jaya, kampung palalangon RW. 04 Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cigombong.

Kasi Trantib Kecamatan Cigombong, Teguh Darmawansyah menjelaskan musibah yang melanda 6 Desa di wilayahnya itu akibat curah hujan yang tinggi pada Sabtu sore kemarin.

"Air danau lido meluap dan mem banjiri rumah warga pada pukul 17:30 WIB. Tidak adak korban jiwa dalam kejadian ini. Pukul 20:00 WIB air sudah mulai surut," ujarnya pada TribunnewsBogor.com, Minggu (19/3/2023).

Sementara itu dalam bencana alam tersebut tidak da korban jiwa, hanya saja kerugian materi yang akibat luapan air tersebut cukup besar.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas