Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Penyerangan di Mugi-Mam Nduga Papua Dikabarkan Menewaskan 6 Prajurit TNI, 9 Lainnya Ditangkap KTSP

Penyerangan itu mengakibatkan enam orang meninggal dunia. Selain itu sembilan orang diduga ditangkap KTSP, dan 21 orang belum diketahui nasibnya.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Penyerangan di Mugi-Mam Nduga Papua Dikabarkan Menewaskan 6 Prajurit TNI, 9 Lainnya Ditangkap KTSP
Tribun-Papua.com/Marselinus Labu Lela
Tim Gabungan dari Satgas Yonif R 321/GT di wilayah Mugi-Mam Kabupaten Nduga dan Kopassus diserang Kelompok Teroris Separatis Papua (KTSP), Sabtu (15/4/2023) sore. Penyerangan itu mengakibatkan enam orang meninggal dunia. Foto jenazah Sertu Robertus Simbolon diterbangkan ke kampung halamannya di Kecamatan Sitio-tio, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Selasa (11/4/2023). Sertu Robertus Simbolon gugur dalam kontak tembak kontra Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Aibon Kogoya di Sugapa, Kabupaten Intan Jaya pada Minggu (9/4/2023) sore. 

TRIBUNNEWS.COM, PAPUA - Tim Gabungan dari Satgas Yonif R 321/GT di wilayah Mugi-Mam Kabupaten Nduga dan Kopassus diserang Kelompok Teroris Separatis Papua (KTSP), Sabtu (15/4/2023) sore.

Informasi yang dihimpun, penyerangan itu mengakibatkan enam orang meninggal dunia.

Selain itu sembilan orang diduga ditangkap KTSP, dan 21 orang belum diketahui nasibnya.

Dikutip dari KompasTV, kelompok diduga KTSP menyerang Tim Badak 1, Badak 3, Candraca 2, dan Candraca 11 Pos Mugi saat pembersihan daerah di Mugi-Mam Kompleks sekitar pukul 16.30 WIT.

Baca juga: BREAKING NEWS: Prajurit TNI di Mugi-Mam Kabupaten Nduga Papua Diserang KST

Belum ada keterangan resmi dari kejadian tersebut.

Namun dalam laporan yang ditujukan kepada Pangdivif 1 Kostrad, tim gabungan terpencar sehingga menyelamatkan diri menuju ketinggian Cakra 1.

Jumlah kerugian belum dipastikan karena komunikasi dengan tim masih terputus.

BERITA REKOMENDASI

Lewat laporan itu juga tercatat informasi sembilan orang yang ditawan KTSP didapatkan dari HT Channel KTSP di Pos Mugi dengan pernyataan, "Ini sembilan orang temanmu mau diambil atau tidak?'

Pernyataan ini pun masih dalam penyelidikan.

Tactical Floor Game (TFG) dilaksanakan Dankolakopsrem 172, Dansatgas 321 dan Satgas gabungan Kopassus dalam rangka evakuasi dan pengiriman bantuan pasukan pada Pukul 19.00 WIT.

Jumlah Korban Belum Diketahui

Diberitakan sebelumnya, prajurit TNI dari Satgas Yonif R 321/GT yang sedang melaksanakan tugas di wilayah Kabupaten Nduga, Papua diserang dan ditembak oleh gerombolan KST pada Sabtu (15/4/2023) pukul 16.30 WIT.

"Bahwa benar Prajurit TNI dari Satgas Yonif R 321/GT yang bertugas di wilayah Mugi-Mam Kab Nduga diserang dan ditembak oleh gerombolan KST, Sabtu (15/4/2023) pukul 16.30 WIT," kata Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman dalam keterangan resmi, Minggu (16/4/2023).

Baca juga: KKB Bakar Honai di Intan Jaya Papua, TNI Sebut Mereka Ingin Sebarkan Hoaks

"Bahwa benar Prajurit TNI dari Satgas Yonif R 321/GT yang bertugas di wilayah Mugi-Mam Kab Nduga diserang dan ditembak oleh gerombolan KST, Sabtu (15/4/2023) pukul 16.30 WIT," kata Herman dalam keterangan resmi, Minggu (16/4/2023).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas