Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hari Ini Diprediksi Puncak Arus Balik Lebaran di Samarinda, 1.290 Personel Gabungan Diterjunkan

Puncak arus balik Lebaran 2023 di Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) diprediksi akan terjadi mulai Kamis (27/4/2023) hari ini.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Hari Ini Diprediksi Puncak Arus Balik Lebaran di Samarinda, 1.290 Personel Gabungan Diterjunkan
SURYA/PURWANTO
Puncak arus balik Lebaran 2023 di Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) diprediksi akan terjadi mulai Kamis (27/4/2023) hari ini hingga Sabtu (29/4/2023) mendatang. Foto sejumlah kendaraan melintas di Jalan Gatot Subroto atau Embong Brantas, Kota Malang, Jawa Timur, Selasa (25/4/2023). SURYA/PURWANTO 

TRIBUNNEWS.COM, SAMARINDA - Puncak arus balik Lebaran 2023 di Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) diprediksi akan terjadi mulai Kamis (27/4/2023) hari ini hingga Sabtu (29/4/2023) mendatang.

Kapolresta Samarinda Kombes Pol Ary Fadli mengatakan dari hasil pantauan hingga Rabu (26/4/2023) sore arus balik masih terpantau landai.

"Tapi kemungkinan besok, Kamis mulai ada peningkatan. Baik udara serta laut," katar Kombes Pol Ary Fadli kepada TribunKaltim.co.




Kombes Ary mengatakan sebanyak 1.290 personel gabungan diterjunkan untuk memastikan arus lalu lintas maupun orang masuk ke Samarinda tetap lancar.

Baca juga: Korlantas dan Kemenhub Atur Pembatasan Kendaraan Angkutan Barang Selama Arus Balik Lebaran 2023

"Besok sudah ada kapal perdana dari Pare-Pare. Sudah ada koordinasi untuk memastikan bongkar muat barang dan penumpang tetap lancar," ujarnya.

Sementara untuk jalur udara, belum ada penambahan penerbangan selain pukul 14.00 Wita.

Untuk jalur darat tidak ada permasalahan, hanya saja sempat terkendala longsor.

BERITA TERKAIT

"Itupun teman-teman dari Polsek Palaran bersama BPBD Samarinda dan PUPR Kaltim sudah melakukan penanganan. Jadi semua landai saja," pungkasnya.

Kenaikan Jumlah Penumpang

Sementara itu PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo memastikan untuk tetap fokus melayani arus balik Lebaran 2023 di seluruh terminal penumpang yang dikelolanya.

Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo, Ali Mulyono mengungkapkan, kesiapan ini didukung dengan keberadaan Posko Angkutan Lebaran yang berfungsi sebagai pusat pengawasan dan koordinasi untuk memantau kondisi keamanan dan keselamatan pada periode arus mudik dan arus balik lebaran.

Baca juga: Daftar Ruas Jalan yang Dibatasi Selama Arus Balik Mudik Lebaran 2023

Posko angkutan lebaran yang didukung bersama oleh seluruh stakeholder instansi kepelabuhanan terus melakukan pemantauan di seluruh terminal penumpang sejak 7 April sampai 8 Mei 2023 mendatang dan beroperasi selama 24 jam.

"Dalam menghadapi arus balik lebaran tahun ini, kami terus mengoptimalkan pelayanan dan kinerja petugas di lapangan untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan para penumpang pada masa-masa puncak," ucap Ali dalam keterangannya, Rabu (26/4/2024).

Hingga H+1 lebaran, tercatat adanya kenaikan jumlah penumpang sebanyak 999.455 orang.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas