Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

57 Warga Mojogedang Kabupaten Karanganyar Keracunan Makanan, 3 Orang Masih Dirawat di RS

Bidan Desa Munggur, Silvia Kulama Sari mengatakan, warga mengeluhkan mual, muntah, pusing, demam hingga kejang-kejang usai menghadiri hajatan warga

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in 57 Warga Mojogedang Kabupaten Karanganyar Keracunan Makanan, 3 Orang Masih Dirawat di RS
agus iswadi
Bidan desa didampingi perangkat mengecek kondisi warga sepulang dari rumah sakit karena mengalami gejala keracunan di Dusun Pojok Desa Munggur Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar, Selasa (16/5/2023) siang. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng Agus Iswadi 
 

TRIBUNNEWS.COM, KARANGANYAR - Sebanyak 57 orang warga  Desa Munggur Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar keracunan makanan setelah mengonsumsi makanan yang disajikan saat hajatan pada Kamis (11/5/2023) siang.

Dari jumlah tersebut 14 orang menjalani rawat inap dan sisanya menjalani rawat jalan. 

Hingga Selasa (16/5/2023) hari ini, masih ada 3 warga yang opname di rumah sakit.

Bidan Desa Munggur, Silvia Kulama Sari mengatakan, warga mulai mengeluhkan mual, muntah, pusing, demam hingga kejang-kejang usai menghadiri hajatan warga.

Mereka yang mengalami gejala tersebut lantas minum obat yang dibeli dari apotek, memeriksakan ke faskes dan ada yang langsung menjalani rawat inap di rumah sakit. 

Baca juga: Satu Orang Pelaku Pengeroyok Anggota Polisi di Solo Adalah Warga Karanganyar

"Sampai Selasa (16/5/2023) siang, masih ada yang rawat inap, tiga orang. Satu di PKU, dua di RSUD Karanganyar," katanya kepada Tribunjateng.com saat mengecek kondisi warga yang mengalami keracunan, Selasa (16/5/2023) siang. 

Dia menuturkan, dua orang yang menjalani rawat inap di RSUD merupakan seorang ibu dan anaknya yang masih berumur 4 tahun.

BERITA TERKAIT

Sedangkan warga yang menjalani rawat jalan saat ini masih dalam pemantauan petugas puskesmas dan bidan desa. 

"Yang rawat jalan masih mengkonsumsi obat dari tenaga kesehatan. Ada yang masih mual, muntah dan pusing. Tapi alhamdulillah sudah membaik dan masih dalam pemantauan," terangnya. 

Saat ditanya penyebab keracunan tersebut, lanjut Silvi, belum bisa dipastikan karena masih menunggu hasil laboratorium sampel makanan.

Sebelumnya petugas Puskesmas Mojogedang II dan petugas DKK Karanganyar telah mengambil sampel makanan di rumah yang menggelar hajatan untuk dilakukan uji laboratorium. 

"Ada lebih dari 10 sampel yang diambil, ada makanan kering dan basah. Sampai saat ini belum ada hasilnya," tuturnya.

Dari pantauan di Dusun Pojok, terlihat bidan desa didampingi perangkat desa mengecek kondisi warga yang telah diperbolehkan pulang ke rumah usai menjalani rawat inap di rumah sakit. 

Warga, Purwanto mengungkapkan, putrinya, Purwanti Maesraoh menjalani rawat inap di puskesmas terdekat selama 4 hari.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas