Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tiga Korban Speedboat yang Hilang Kontak di Perairan Timika Papua Ditemukan Masyarakat Faka-fuku

Tiga korban speedboat yang hilang kontak di perairan Timika-Sumaproditemukan oleh masyarakat Faka-fuku saat melintas di perairan tersebut.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Tiga Korban Speedboat yang Hilang Kontak di Perairan Timika Papua Ditemukan Masyarakat Faka-fuku
Istimewa
Tim SAR gabungan Timika melakukan pencarian Speedboat 40 PK yang membawa 3 petugas pemelihara jaringan 4G dari Timika tujuan Kampung Sumapro hilang kontak, Sabtu (22/7/2023). Tiga korban speedboat yang hilang kontak di perairan Timika-Sumapro pada Sabtu (22/7/2023) akhir pekan lalu akhirnya ditemukan dalam keadaan selamat. Tiga korban ditemukan oleh masyarakat Faka-fuku saat melintas di perairan tersebut. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Marselinus Labu Lela

TRIBUNNEWS.COM, TIMIKA - Tiga korban speedboat yang hilang kontak di perairan Timika-Sumapro pada Sabtu (22/7/2023) akhir pekan lalu akhirnya ditemukan dalam keadaan selamat.

Tiga korban ditemukan oleh masyarakat Faka-fuku saat melintas di perairan tersebut.

Ketiga korban kemudian dievakuasi menuju Pelabuhan Poumako Timika.

"Tiga korban selamat dan kami sudah memastikan informasi tersebut bahwa benar adanya ketiga korban telah dievakuasi dalam kondisi selamat," ungkap Kasubsie Siaga Operasi SAR Timika, Charles Y Batlajery kepada Tribun-Papua.com, Selasa (25/7/2023).

Baca juga: Speedboat Bermuatan Sayur Rute Timika-Asmat Hilang Kontak Sejak 15 Juni, Keberadaannya Masih Misteri

Sementara itu salah satu korban, Saleh selaku motoris speedboat menjelaskan bahwa speedboat yang mereka tumpangi mengalami mati mesin di sekitar perairan Agimuga 2.

"Mati mesin dan kami berusaha mencari bantuan dengan mendayung speedboat menuju lokasi yang ada masyarakat Faka-fuku," tutur Saleh.

BERITA TERKAIT

Dengan ditemukannya korban maka operasi SAR diusulkan ditutup dan potensi SAR terlibat dikembalikan ke kesatuan masing-masing.

Bawa 3 Petugas Pemeliharaan Tower Jaringan 4G

Sebelumnya diberitakan, satu unit speedboat yang memuat 3 orang petugas pemeliharaan tower jaringan 4G dikabarkan hilang kontak, Sabtu (22/7/2023).

Speedboat tersebut berlayar dari Timika tujuan Kampung Sumapro, Pulau Tiga guna pemeliharaan tower jaringan 4G.

Dua di antara petugas tersebut adalah Saleh (50) dan Anggi (30).

Sementara seorang lainnya belum diketahui identitasnya.

Baca juga: Speedboat Tenggelam di Perairan Seram Bagian Timur Maluku, 5 Penumpang Hilang

Kantor SAR Timika awalnya menerima laporan dari keluarga korban, pada Sabtu (22/7/2023) bahwa, Jumat (21/7/2023) pukul 09.51 WIT speedboat bermesin 40 PK ditumpangi 3 orang berangkat dari Poumako tujuan Kampung Sumapro, Pulau Tiga guna pemeliharaan tower jaringan 4G.

Sesuai jadwal, speedboat tersebut seharusnya tiba Jumat pukul 15.00 WIT.

Namun hingga laporan diterima petugas Basarnas Timika, speedboat tersebut belum diketahui nasib dan keberadaannya.

Kakansar Timika, George Leo Merchy Randang setelah menerima laporan langsung memberangkatkan tim SAR gabungan yang terdiri personel rescue SAR Timika, TNI AL, Pol Airud.

Selain itu, keluarga korban juga ikut menggunakan dua unit perahu karet dan 1 unit RIB 400 PK melakukan penyisiran di rute yang sering dilewati speedboat tersebut.

"Kami sudah berangkatkan tim namun upaya pencarian belum membuahkan hasil yang maksimal," kata Kakansar Timika, George kepada Tribun-Papua.com.

Artikel ini telah tayang di Tribun-Papua.com dengan judul UPDATE: 3 Korban Speedboat yang Hilang di Perairan Timika-Sumapro Ditemukan Selamat

Sumber: Tribun Papua
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas