Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Cegah Bencana Kelaparan, Menko PMK: Gudang Pangan di Agandugume Masih Proses Pembangunan

Agandugume merupakan salah satu kawasan di Papua Tengah yang terdampak krisis pangan

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Cegah Bencana Kelaparan, Menko PMK: Gudang Pangan di Agandugume Masih Proses Pembangunan
Warta Kota/Yulianto
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy usai memimpin rapat tingkat Menteri di kantor Kemenko PMK, Jakarta, Rabu (9/8/2023). Dalam rapat tingkat menteri itu membahas penanganan dampak bencana kekeringan dan kelaparan dengan cara membangun lumbung pangan untuk mengatasi bencana kekeringan dan kelaparan paling lambat dikerjakan bulan depan di Papua Tengah. Warta Kota/YULIANTO 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengungkapkan saat ini gudang pangan di Distrik Agandugume, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah masih dalam proses pembangunan.

Agandugume merupakan salah satu kawasan di Papua Tengah yang terdampak krisis pangan.

“Sekarang ini kita sedang membangun gudang pangan di Agandugume, terus kita pantau melalui dana dari BNPB," ujar Muhadjir di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (18/8/2023).

Muhadjir berharap pembangunan gudang pangan tersebut akan rampung dalam satu bulan.

Baca juga: Antisipasi Kekeringan, Ganjar Distribusikan 7,1 Juta Liter Air Bersih di Wilayah Jawa Tengah

Pembangunan gudang pangan, kata Muhadjir, dapat membantu penyaluran pangan di wilayah Agandugume dan sekitarnya.

"Mudah-mudahan satu bulan ini sudah clear, sudah selesai, sehingga nanti bisa digunakan untuk men-stok pangan selama tiga bulan ke depan ketika masyarakat masih membutuhkan,” jelas Muhadjir.

BERITA REKOMENDASI

Selain itu, Muhadjir mengungkapkan bantuan pangan sudah disuplai setiap hari dan didistribusikan kepada masyarakat secara tepat sasaran.

“Mengenai penanganan kelangkaan makanan, sekarang sudah bisa disuplai secara rutin. Kita siapkan stok pangan di Timika dan kemudian kita suplai setiap hari ke titik sasaran,” ujar Muhadjir.

Sebagai upaya mendukung kelancaran distribusi pangan kepada masyarakat di Papua Tengah, Muhadjir mengungkapkan pemerintah akan memperpanjang landasan pacu Bandara Sinak, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah.

Perpanjangan landasan pacu di Bandara Sinak agar dapat digunakan pesawat Hercules.

“Untuk jangka panjang, itu akan memperpanjang salah satu runway, yaitu Sinak, yang kalau nanti runway-nya itu diperpanjang, pesawat besar seperti Hercules bisa landing," tutur Muhadjir.

"Kalau Hercules bisa landing di situ, maka bukan hanya bahan pangan saja yang bisa diangkut, tetapi termasuk target material untuk pembangunan infrastruktur [juga bisa diangkut],” tambah Muhadjir.
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas