Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia Dibuka Secara Resmi Oleh Menpora Dito

Dito Ariotedjo secara resmi membuka Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia atau yang dikenal sebagai Kreativesia di Pura Mangkunegaran, Solo

Editor: Toni Bramantoro
zoom-in Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia Dibuka Secara Resmi Oleh Menpora Dito
Dok. Kemenpora
Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia 

TRIBUNNEWS.COM, SOLO - Menpora Dito Ariotedjo secara resmi membuka Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia atau yang dikenal sebagai Kreativesia di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah pada hari Minggu (27/8/2023).

Dalam sambutannya, Menpora Dito mendorong agar acara ini menjadi ajang kolaborasi antara komunitas-komunitas untuk menghasilkan karya dan gagasan inovatif yang luar biasa.

Dito Ariotedjo mengungkapkan tujuan di balik Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia ini adalah untuk memberikan penghargaan kepada individu, komunitas, dan lembaga yang telah memberikan kontribusi besar dalam menciptakan karya-karya kreatif dan gagasan inovatif.

Lebih dari sekadar merayakan kreativitas, acara ini diharapkan dapat memfasilitasi kolaborasi antara berbagai komunitas dengan latar belakang hobi, isu, profesi, minat, dan bakat yang beragam. Konsep Kreativesia adalah menyatukan pendidikan dan hiburan dalam satu platform yang inspiratif.

"Saya melihat banyak sekali komunitas yang berpartisipasi dalam acara ini, mulai dari komunitas disabilitas, pecinta sepeda BMX, penggemar musik, perfilman, hingga kuliner. Saya merasa gembira melihat semangat kebersamaan di antara mereka," ungkap Menpora Dito.

Menpora Dito menjelaskan alasan pemilihan Solo sebagai tuan rumah Kreativesia. Solo dipilih karena kota ini akan mewakili Indonesia dalam seleksi Jejaring Kota Kreatif UNESCO. Pura Mangkunegaran di Solo memiliki peran penting dalam pengambilan keputusan ini.

"Pura Mangkunegaran Solo memiliki peran penting dalam pemilihan Kota Solo sebagai calon nominasi anggota Jejaring Kota Kreatif UNESCO (UCCN) untuk periode 2023. Oleh karena itu, saya berharap Kreativesia ini dapat menjadi fondasi bagi Kota Solo untuk dipilih sebagai anggota Jejaring Kota Kreatif oleh UNESCO, terutama dalam kategori kerajinan dan kesenian rakyat. Saya sangat senang bahwa acara ini mampu memperkuat sinergi antara pelaku industri kreatif, komunitas, akademisi, sektor swasta, dan pemerintah," jelas Menpora Dito.

BERITA REKOMENDASI

Seperti diketahui, Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia atau Kreativesia telah digelar dari tanggal 25 hingga 27 Agustus 2023.

Acara ini diramaikan oleh berbagai penampilan dari berbagai komunitas, termasuk pertunjukan musik, talkshow inspiratif, hingga festival makanan yang menggugah selera. Turut hadir dalam kesempatan ini Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, serta sejumlah pejabat penting lainnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas