Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kabupaten Tegal Terdampak Kekeringan, Belasan Tangki Air Bersih Didistribusikan

Sembilan desa dari empat kecamatan di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah ikut terdampak kekeringan hingga sulit mendapatkan air bersih.

Editor: Muhammad Renald Shiftanto
zoom-in Kabupaten Tegal Terdampak Kekeringan, Belasan Tangki Air Bersih Didistribusikan
kompas.com
Ilustrasi air bersih - Sembilan desa dari empat kecamatan di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah ikut terdampak kekeringan hingga sulit mendapatkan air bersih. 

TRIBUNNEWS.COM - Kekeringan akibat fenomena El Nino dirasakan di beberapa daerah di Indonesia.

Sembilan desa dari empat kecamatan di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah ikut terdampak kekeringan hingga sulit mendapatkan air bersih.

Pihak Pemkab Tegal pun turun tangan untuk mengirimkan belasan tangki air bersih untuk sembilan desa tersebut.

Secara simbolis, Bupati Umi serahkan langsung bantuan air bersih di Desa Tamansari, Kecamatan Jatinegara, Jumat (1/9/2023).

Ditanya mengenai bantuan air bersih tersebut, dikatakan Bupati Umi tidak hanya dari dirinya saja tapi juga berkoordinasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal, dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tegal.

Termasuk nantinya rumah sakit juga ikut berpartisipasi membagikan air ke daerah yang terdampak kekeringan.

Baca juga: Dampak Kekeringan, Warga di Jawa Barat, Jawa Tengah hingga Jawa Timur Mulai Kekurangan Air Bersih

Umi menegaskan, ketika mendapat aduan dari warga mengenai kondisi kekeringan dan membutuhkan bantuan air bersih, maka pihaknya langsung menindaklanjuti dengan mengirimkan air bersih.

BERITA TERKAIT

Seperti pada Jumat (1/9/2023), dirinya simbolis langsung menyerahkan bantuan air bersih ke warga di Desa Tamansari, Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal.

Kemudian rencananya, penyaluran bantuan air bersih kembali dilaksanakan pada Senin (4/9/2023) di wilayah Kecamatan Suradadi yang diberikan dari RSUD Suradadi.

"Alokasi bantuan yang diberikan total sebanyak 18 tangki atau setara 108.000 liter, dengan satu tangki berisi 6.000 liter air bersih. Adapun masing-masing desa mendapat jatah dua tangki air bersih," ungkap Bupati Tegal Umi Azizah, pada Tribunjateng.com.

Sementara empat kecamatan yang kali ini mendapat bantuan air bersih yakni Kecamatan Jatinegara, Suradadi, Warureja dan Kedungbanteng.

Adapun sembilan desa yang menjadi sasaran penyaluran air bersih, rinciannya Kecamatan Jatinegara ada di Desa Tamansari, Dukuhbangsa, Luwihjawa, Lembahsari, dan Wotgalih.

Kemudian di Kecamatan Suradadi, penyaluran air bersih ada di Desa Harjasari dan Desa Jatimulya.

Sementara Kecamatan Warureja baru ada satu desa yang mendapat bantuan air bersih yakni Desa Kedungkelor.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas