Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Keripik Pisang dan Happy Water 'Rasa' Narkoba Dijual Rp6 Juta per Bungkus, Gubernur DIY Buka Suara

Warga DIY digemparkan dengan penggerebekan tempat produksi keripik pisang 'rasa' narkoba di Bantul pada Kamis (2/11/2023) malam.

Penulis: Isti Prasetya
Editor: Sri Juliati
zoom-in Keripik Pisang dan Happy Water 'Rasa' Narkoba Dijual Rp6 Juta per Bungkus, Gubernur DIY Buka Suara
TRIBUNJOGJA.COM/NETI ISTIMEWA RUKMANA
Bareskrim Polri dan jajaran pejabat berkepentingan menunjukkan sejumlah barang bukti produksi dan pengedaran narkotika. Barang bukti itu ditunjukkan kepada awak media di Kalurahan Baturetno, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul, Jumat (3/11/2023). 

TRIBUNNEWS.COM - Warga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) digemparkan dengan penggerebekan tempat produksi keripik pisang 'rasa' narkoba di Kalurahan Baturetno, Banguntapan, Kabupaten Bantul.

Badan Reserse Kriminial (Bareskrim) Polri melakukan penggerebekan rumah produksi cemilan dengan merek Keripik Pisang Lumer tersebut bersama personel gabungan Mabes Polri dan Polda DIY.

Tak hanya keripik pisang, tempat produksi itu juga membuat air minum dalam kemasan bermerek Happy Water yang sudah dicampur dengan narkotika berbahaya.

Harga bikin curiga

Cemilan dan air dalam kemasan bercampur narkoba itu dijual secara online dengan kemasan dan berat yang beragam.

Keripik pisang dan Happy Water tersebut dijual dengan harga mencapai jutaan rupiah.

Hal ini lah yang menimbulkan kecurigaan aparat kepolisian hingga membongkar tempat produksi itu pada Kamis (2/11/2023) malam.

Baca juga: Aksi Lucu dan Pecah dari Penampilan Bapak-Bapak Saat Ikuti Lomba Paduan Suara Mars PKK

BERITA REKOMENDASI

Mengutip Kompas.com, Kabareskrim Polri Komjen Wahyu Widada menjelaskan terbongkarnya penjualan keripik pisang mengandung narkoba dan Happy Water ini bermula pada pengungkapan di Cimanggis.

"Hasil operasi siber ada penjualan narkoba dalam bentuk Happy Water dan keripik pisang, harganya juga cukup tinggi tidak masuk akal. Dengan itu kita curiga, kita lakukan tracing dan pemantauan terhadap akun yang menjual tersebut," ucap Wahyu, pada Jumat (3/11/2023).

Ia juga menjelaskan keripik pisang termurah dibanderol harga Rp1,2 juta dan termahal mencapai Rp6 juta.

"Happy Water dijual dengan harga Rp 1,2 juta. Keripik pisang ini dijual dengan berbagai kemasan ada 500 gram, 100 gram, 200 gram, 50 gram harga bervariasi dari Rp 1,5 juta sampai Rp 6 juta," lanjutnya.

Sejumlah warga saat berjaga sekitar lokasi penangkapan di Kalurahan Baturetno, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul, Kamis (2/11/2023) malam.
Sejumlah warga saat berjaga sekitar lokasi penangkapan di Kalurahan Baturetno, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul, Kamis (2/11/2023) malam. (TRIBUNJOGJA.COM/ALMURFI SYOFYAN)

Diproduksi di empat lokasi

Melansir TribunJogja.com, pengungkapan jaringan pengedar narkoba dengan modus keripik pisang ini dilakukan di 4 lokasi di Depok, Magelang dan Bantul.

Wahyu mengatakan, setelah dilakukan penyelidikan selama 1 bulan, pada tanggal 2 November dilakukan penangkapan di Cimanggis, Depok dengan barang bukti keripik pisang dan Happy Water.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas