Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

3 Hari Pencarian Tahanan Kabur, Tak Satu pun dari 42 Tahanan Lapas Sorong Masuk 5 Pelabuhan Kota

Jajaran Polsek Kawasan Pelabuhan, Polresta Sorong Kota, melakukan pengetatan di areal Pelabuhan Umum Sorong, Papua Barat Daya.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in 3 Hari Pencarian Tahanan Kabur, Tak Satu pun dari 42 Tahanan Lapas Sorong Masuk 5 Pelabuhan Kota
Tribunsorong.com/Safwan Ashari
Jajaran Polresta Sorong Kota dan petugas melakukan pemeriksaan secara ketat di areal Bandara Domine Eduard Osok (DEO) Sorong, Papua Barat Daya, Rabu (10/1/2024). Pengetatan pelabuhan dilakukan menyusul belum tertangkapnya 42 tahanan yang sebelumnya kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sorong pada Minggu (7/1/2024). 

TRIBUNNEWS.COM, SORONG - Selama tiga hari pencarian terhadap 42 tahanan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sorong, Polresta Sorong Kota belum mendapatkan para tahanan yang masuk di wilayah lima pelabuhan di Kota Sorong.

Diketahui jajaran Polsek Kawasan Pelabuhan, Polresta Sorong Kota, melakukan pengetatan di areal Pelabuhan Umum Sorong, Papua Barat Daya, Selasa (9/1/2024).

Baca juga: Viral 53 Tahanan Lapas di Sorong Kabur saat Terjadi Ledakan Petasan, Sempat Ancam Rampas Motor Warga

Pengetatan pelabuhan dilakukan menyusul belum tertangkapnya 42 tahanan yang sebelumnya kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sorong pada Minggu (7/1/2024).

"Kami sudah langsung melakukan upaya pengetatan di pelabuhan, sembari bawa identitas para tahanan," ujar Kapolsek Kawasan Pelabuhan Sorong Iptu Ihot Tampubolon kepada TribunSorong.com, Rabu (10/1/2024).

Kapolsek mengatakan, pengetatan di areal Pelabuhan Umum Sorong merupakan instruksi pimpinan kemarin.

Pengetatan dilakukan sejak Minggu hingga Selasa di areal pelabuhan, sebab ada sejumlah kapal yang masuk ke pelabuhan.

Tak hanya itu, pihaknya juga menyekat semua pintu masuk di lima areal pelabuhan di Kota Sorong, Papua Barat Daya.

BERITA TERKAIT

"Kami sekat, pelabuhan yang ada di bawah kami (diperketat) agar mencegah para tahanan ini kabur ke luar wilayah Kota Sorong," katanya.

Pihaknya juga telah menempatkan petugas di setiap pintu masuk pelabuhan, namun butuh koordinasi lanjut dengan pihak lapas.

Baca juga: Baru 7 Tahanan Ditangkap, Pelabuhan hingga Bandara Disekat, Buru 46 Tahanan Lapas Sorong yang Kabur

42 Tahanan Lapas Sorong Jadi Buronan

Sebanyak 42 tahanan yang kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sorong sejak Minggu (7/1/2024) lalu kini masuk Daftar Pencarian Orang (DPO).

Polresta Sorong Kota tengah menyusun identitas 42 tahanan tersebut untuk segera disebarluaskan kepada masyarakat.

"Kami koordinasi dengan Lapas Kelas IIB Sorong, sehingga yang pasti kami kejar sampai ke lubang batu, kami cari," kata Kapolresta Sorong Kota Kombes Pol Happy Perdana Yudianto kepada TribunSorong.com, Rabu (10/1/2024).

Tim gabungan Polresta Sorong Kota telah dikerahkan ke sejumlah titik termasuk bandara, pelabuhan, dan lokasi lainnya.

Jajaran Polsek Kawasan Pelabuhan, Polresta Sorong Kota, melakukan pengetatan di areal Pelabuhan Umum Sorong, Papua Barat Daya, Selasa (9/1/2024). Pengetatan pelabuhan dilakukan menyusul belum tertangkapnya 42 tahanan yang sebelumnya kabur dari  Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sorong pada Minggu (7/1/2024).
Jajaran Polsek Kawasan Pelabuhan, Polresta Sorong Kota, melakukan pengetatan di areal Pelabuhan Umum Sorong, Papua Barat Daya, Selasa (9/1/2024). Pengetatan pelabuhan dilakukan menyusul belum tertangkapnya 42 tahanan yang sebelumnya kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sorong pada Minggu (7/1/2024). (Tribunsorong.com/Safwan Ashari)

Polresta Sorong Kota juga telah meminta dukungan jajaran Polres di wilayah Papua Barat Daya agar ikut membantu pencarian di lapangan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Papua
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas