Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Detik-detik Pekerja Bangunan di Bogor Tewas saat Gali Fondasi Rumah, Korban Tertimpa Tembok

Seorang pekerja bangunan di Bogor tewas saat menggali pondasi rumah. Korban tertimpa tembok penahan tanah rumah warga (TPT) yang ambruk.

Editor: Abdul Muhaimin
zoom-in Detik-detik Pekerja Bangunan di Bogor Tewas saat Gali Fondasi Rumah, Korban Tertimpa Tembok
ILUSTRASI/NET
Ilustrasi meninggal. Seorang pekerja bangunan bernama Andre (19) tewas akibat tertimpa reruntuhan tembok penahan tanah (TPT) di wilayah Kelurahan Sukahati, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Muamarrudin Irfani

TRIBUNNEWS.COM - Kecelakaan kerja terjadi di Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat saat para pekerja bangunan sedang menggali pondasi rumah, Jumat (2/2/2024).

Sekitar pukul 10.35 WIB tembok penahan tanah rumah warga (TPT) ambruk menimpa para pekerja bangunan yang sedang menggali pondasi.




Seorang pekerja bangunan bernama Andre (19) dilaporkan tewas dalam insiden ini.

Adapun TPT yang ambruk tersebut memiliki ketinggian sekitar 1,5 meter.

Wakil Komandan Kompi (Wadanki) BPBD Kabupaten Bogor, Jalaluddin mengungkapkan, pada saat kejadian, terdapat dua orang pekerja yang berada di dalam lubang tersebut.

Namun, satu diantaranya yakni Inang (50) selamat dan hanya mengalami luka ringan saja. Sedangkan Andre belum sempat menyelamatkan diri saat TPT itu ambruk.

BERITA TERKAIT

Sedangkan galian pondasi yang saat itu korban berada di dalamnya memiliki kedalaman kurang lebih 2 meter.

"Dua orang yang di bawah lagi bikin buat lubang cakar ayam gitu. Yang satu selamat karena keburu ditarik temennya, yang satunya engga tertolong," ujarnya saat dikonfirmasi TribunnewsBogor.com,

Saat ditemukan oleh tim SAR gabungan, kata dia, korban sudah dalam kondisi tak bernyawa dengan kondisi badan tertimbun reruntuhan TPT.

"Tertimbunnya diri, badannya keurug setengah badan ke bawah, kakinya nekuk ketimpa TPT, kepalanya engga luka, pundaknya yang luka," ungkapnya.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Kabupaten Bogor, M Adam Hamdani menerangkan, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 10.35 WIB, Jumat (2/2/2024).

Baca juga: Saat Menggali Pondasi di Sekitar Benteng Keraton Yogyakarta, Pekerja Bangunan Temukan Tengkorak

"Menurut informasi ada 6 orang pekerja bangunan sedang melakukan penggalian pondasi yang mengakibatkan TPT rumah warga ambruk dan menimpa 2 orang pekerja," ujarnya melalui keterangan tertulis, Jumat (2/1/2024).

M Adam Hamdani mengungkapkan, dua korban yang tertimpa tersebut satu diantaranya selamat yaitu Inang (50) hanya mengalami luka ringan.

Sedangkan satu pekerja lainnya yakni Andre (19) nyawanya tak tertolong.

"Luka pada bagian kaki terkilir dan kepala lebam. Korban (meninggal) berhasil diketemukan dan di evakuasi pada pukul 13: 30 WIB," ungkapnya.

Setelah berhasil dievakuasi dari reruntuhan, korban langsung dibawa ke rumah duka.

Artikel ini telah tayang di TribunnewsBogor.com dengan judul KRONOLOGI Pekerja Bangunan Tewas Tertimpa TPT di Cibinong Bogor, Begini Posisi Korban Saat Ditemukan

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas