Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Semarang Dikepung Banjir, Kemensos Bangun Dapur Umum untuk Logistik Para Korban

Kondisi banjir yang parah sejak tiga hari lalu membuat beberapa masyarakat mengungsi ke tempat-tempat yang lebih aman seperti masjid, kantor kelurahan

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Semarang Dikepung Banjir, Kemensos Bangun Dapur Umum untuk Logistik Para Korban
TRIBUN JATENG/Eka Yulianti Fajlin
Warga bermain air di Jalan Kaligawe Raya Semarang, Kamis (14/3/2024). Hujan deras melanda Kota Semarang mengakibatkan sejumlah wilayah terendam banjir. TRIBUN JATENG/EKA YULIANTI FAJLIN 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Sosial (Kemensos) mulai memberikan bantuan untuk para warga korban banjir di kota Semarang, Jawa Tengah.

Kemensos mendirikan dapur umum di beberapa titik untuk menyediakan logistik kepada para korban.

"Kami membuat dapur umum di beberapa titik, sudah ada empat dapur umum yang kita dirikan namun juga ada beberapa dapur umum yang dibuat secara mandiri oleh warga juga akan kita bantu supply kebutuhan," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial, Robben Rico, melalui keterangan tertulis, Minggu (17/3/2024).

Kemensos melalui Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) bersinergi dengan Sentra Terpadu, Soeharso Surakarta, Sentra Terpadu Kartini Temanggung, Sentra Antasena Magelang, Sentra Margolaras Pati dan Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Yogyakarta mengirimkan bantuan makanan siap saji, kebutuhan wanita dan anak, kasur, selimut, dan tenda kepada masyarakat terdampak banjir.

Kondisi banjir yang parah sejak tiga hari lalu membuat beberapa masyarakat mengungsi ke tempat-tempat yang lebih aman seperti masjid, kantor kelurahan dan gedung serbaguna Universitas Semarang.

Robben Rico bersama tim juga berkeliling untuk mendistribusikan bantuan langsung kepada masyarakat yang berada dipengungsian salah satunya di Gedung Serbaguna Universitas Semarang.

BERITA REKOMENDASI

"Tadi sampai jam 3 pagi kita keliling dibeberapa tempat alhamdulillah kita sudah supply berupa kasur dan selimut. Harapannya warga bisa beristirahat dengan baik dan nyaman di pengungsian,” ucap Robben.

Baca juga: Tanggul Sungai Wulan Jebol, Jalur Demak-Kudus Lumpuh Total

Bantuan Kemensos untuk bencana banjir di Kota Semarang total nilai sebesar Rp. 3,088 miliar yang dikirimkan dari beberapa Sentra Terpadu, Sentra, BBPPKS dan gudang pusat Bekasi.

Hingga saat ini Kementerian Sosial dengan berbagai pihak terus melakukan pelayanan kepada warga terdampak.

Seperti diketahui, Kota Semarang, Jawa Tengah, dilanda banjir setelah hujan deras yang disertai petir dan angin kencang mengguyur sejak Rabu (13/3/2024).

Berdasarkan data BPBD Kota Semarang per 15 Maret 2024 pukul 11.00, Banjir ini menimbulkan dampak bagi 169.991 warga kota Semarang.

Meluapnya air dari daerah Ungaran dan sekitarnya juga membuat Banjir Kanal Timur (BKT) tidak mampu menahan debit air dan meluap sehingga turut memperparah situasi. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas