Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Erupsi Gunungapi Ruang, Basarnas Sisir Pantai Cari Warga yang Sempat Kocar-kacir Evakuasi Mandiri

Basarnas akan mengerahkan perahu karet untuk menyisir wilayah pantai di sekitar Gunungapi Ruang, Kamis (18/4/2024) hari ini.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Erupsi Gunungapi Ruang, Basarnas Sisir Pantai Cari Warga yang Sempat Kocar-kacir Evakuasi Mandiri
AFP/HANDOUT
Foto handout yang diambil dan dirilis Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pada 18 April 2024 memperlihatkan Gunung Ruang memuntahkan asap di Sitaro, Sulawesi Utara. Basarnas akan mengerahkan perahu karet untuk menyisir wilayah pantai di sekitar Gunungapi Ruang, Kamis (18/4/2024) hari ini. (Photo by Handout / Center for Volcanology and Geological Hazard Mitigation (PVMBG) / AFP) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Basarnas akan mengerahkan perahu karet untuk menyisir wilayah pantai di sekitar Gunungapi Ruang, Kamis (18/4/2024) hari ini menyusul naiknya status Gunungapi Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara menjadi level IV atau AWAS.

Kepala Seksi Operasi Kantor SAR Manado Jandry Paendong mengatakan, rencananya KN Bima Sena Basarnas akan mengawal pergerakan perahu-perahu karet tersebut.




"Jadi rencana kami, kami akan mempergunakan perahu karet mengikuti pesisir pantai dengan dikawal oleh KN Bima Sena sendiri," kata Jandry dalam keterangan video, Kamis (18/4/2024).

Jandry menjelaskan pihaknya mengerahkan perahu karet karena sebagian masyarakat yang melakukan evakuasi mandiri sempat kocar-kacir mencari jalan evakuasi sendiri akibat erupsi semalam.

Baca juga: Video Detik-detik Gunung Ruang Erupsi Disertai Petir Menyambar, 11 Ribu Jiwa Harus Dievakuasi

Sebab gunungapi tersebut juga melontarkan material beruoa batu-batu kecil.

"Kenapa kami menggunakan perahu karet? Karena semalam masyarakat evakuasi mandiri tapi arahnya sudah tidak tahu ke mana akibat letusan gunungapi, material-material berupa batu-batu kecil yang jatuh sehingga masyarakat kocar-kacir untuk mencari jalan evakuasi," kata dia.

BERITA TERKAIT

"Jadi perkiraan kami, jangan sampai ada masyarakat yang berada di pegunungan dekat pesisir pantai yang membutuhkan pertolongan, kami akan melakukan evakuasi terhadap masyarakat tersebut," sambung dia.

Sebelumnya Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, Ph.D mengatakan berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sitaro, erupsi tersebut menyebabkan hujan abu disertai batu dan kerikil yang mencapai ke permukiman warga di pesisir Tagulandang.

Beberapa warga, dilaporkan terkena lontaran kerikil dan bebatuan tersebut dan sudah mendapat penanganan intensif.

Untuk menghindari dampak erupsi yang lebih parah, Pemeritah Kabupaten Sitaro mengevakuasi 828 warga sekitar dengan rincian sebanyak 506 warga Desa Laingpatehi dan 322 warga Desa Pumpente.

Lokasi pengungsian berada di SMP Negeri 1 Tagulandang dengan pengungsi yang tercatat sebanyak 45 jiwa.

Sementara itu, kurang lebih 783 jiwa lainnya mengungsi di rumah kerabat yang berada di daratan Pulau Tagulandang.

Baca juga: Sejarah Erupsi Gunung Ruang, Tercatat sejak 1808 hingga Istirahat Puluhan Tahun, Kini Kembali Erupsi

"Pihak BPBD Kabupaten Sitaro terus berkoordinasi dengan lintas instansi terkait guna monitoring, kaji cepat dan upaya penyelamatan masyarakat terdampak. BPBD juga telah memberikan bantuan berupa 123 lembar tikar, 123 lembar selimut dan 400 lembar masker kepada masyarakat," kata Abdul Muhari.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas