Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Status Gunungapi Ruang Naik Jadi Awas, Kepala BNPB ke Lokasi Bawa Logistik dan Kebutuhan Dasar

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto menuju ke Sitaro menyusul naiknya status Gunungapi Ruang jadi level IV atau AWAS terhitung sejak Rabu (17/4/2024)

Penulis: Gita Irawan
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Status Gunungapi Ruang Naik Jadi Awas, Kepala BNPB ke Lokasi Bawa Logistik dan Kebutuhan Dasar
Tribunnews
Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi pada Selasa (16/4) sekira pukul 19.19 Wita. Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto S.Sos., M.M., bertolak menuju Kabupaten Sitaro pada Kamis (18/4/2024) pagi ini menyusul naiknya status Gunungapi Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro Sulawesi Utara menjadi level IV atau ‘AWAS’ terhitung sejak Rabu (17/4/2024) pukul 21.00 WITA kemarin. Hal tersebut dilakukan dalam upaya memaksimalkan penanganan darurat atas dampak erupsi Gunungapi Ruang. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto S.Sos., M.M., bertolak menuju Kabupaten Sitaro pada Kamis (18/4/2024) pagi ini menyusul naiknya status Gunungapi Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro Sulawesi Utara menjadi level IV atau ‘AWAS’ terhitung sejak Rabu (17/4/2024) pukul 21.00 WITA kemarin.

Hal tersebut dilakukan dalam upaya memaksimalkan penanganan darurat atas dampak erupsi Gunungapi Ruang.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, Ph.D mengatakan rencananya Kepala BNPB akan hadir bersama Kepala PVMBG Hendra Gunawan dan beberapa jajaran lainnya.




"Kepala BNPB juga akan membawa sejumlah dukungan logistik dan peralatan serta kebutuhan dasar warga terdampak lainnya," kata Abdul Muhari dalam Siaran Pers BNPB pada Kamis (18/4/2024).

"Disamping itu Kepala BNPB juga akan menyerahkan dukungan berupa Dana Siap Pakai (DSP) untuk operasional selama masa penanganan darurat hingga pemulihan nantinya," sambung dia.

Abdul Muhari mengatakan berdasarkan catatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi peningkatan level tertinggi untuk status gunungapi itu dilakukan setelah Gunung Ruang menunjukkan adanya aktivitas vulkanik yang terus meningkat sejak awal bulan ini.

Ia mengungkapkan berdasarkan hasil catatan instrumental yang dirilis PVMBG, pada tanggal 16 April 2024 pukul 21.45 WITA, Gunung Ruang mengalami erupsi eksplosif dengan estimasi tinggi kolom mencapai 2.000 meter dari puncak. 

BERITA TERKAIT

Kondisi itu, kata dia, terus meningkat hingga kolom abu mencapai 2.500 meter dari puncak pada tanggal 17 April 2024 pukul 01.08 WITA.

"Kemudian pada pukul 21.15 WITA, lanjut dia, erupsi eksplosif kembali terjadi dengan kolom abu berwarna kelabu hingga hitam dengan tinggi sekitar 3.000 meter disertai suara gemuruh dan gempa yang turut dirasakan di Pos Pengamatan Gunungapi Ruang," kata dia.

Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Kabupaten Sitaro), Sulawesi Utara, meletus pada Rabu (17/4/2024) dini hari. 
Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Kabupaten Sitaro), Sulawesi Utara, meletus pada Rabu (17/4/2024) dini hari.  (Istimewa)

Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sitaro, lanjut dia, erupsi Gunungapi Ruang menyebabkan terjadinya hujan abu disertai batu dan kerikil dan mencapai ke permukiman warga yang ada di pesisir Tagulandang. 

Beberapa warga, lanjut dia, dilaporkan terkena lontaran kerikil dan bebatuan tersebut dan sudah mendapat penanganan intensif.

Demi menghindari adanya dampak erupsi yang lebih parah, pihak Pemeritah Kabupaten Sitaro, kata dia, mengevakuasi 828 warga sekitar dengan rincian sebanyak 506 warga Desa Laingpatehi dan 322 warga Desa Pumpente.

Lokasi pengungsian tersebut berada di SMP Negeri 1 Tagulandang sebanyak 45 jiwa.

Sementara itu kurang lebih 783 jiwa lainnya mengungsi di rumah kerabat yang berada di daratan Pulau Tagulandang.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas