Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hari Lahir Pancasila, Jokowi Paparkan Peran Indonesia dalam Peta Perpolitikan Dunia

Saat memimpin upacara Hari Lahir Pancasila di Dumai, Riau, Presiden Jokowi ungkap peran Indonesia dalam politik internasional semakin kokoh

Penulis: Reza Deni
Editor: Erik S
zoom-in Hari Lahir Pancasila, Jokowi Paparkan Peran Indonesia dalam Peta Perpolitikan Dunia
Dok. Setpres
Presiden Joko Widodo atau Jokowi memaparkan sejumlah peran Indonesia di perpolitikan kancah internasional. Hal itu dikatakan Jokowi saat memimpin upacara Hari Lahir Pancasila di Dumai, Riau. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Presiden Joko Widodo atau Jokowi memaparkan sejumlah peran Indonesia di perpolitikan kancah internasional. Hal itu dikatakan Jokowi saat memimpin upacara Hari Lahir Pancasila di Dumai, Riau.

"Peran Indonesia dalam politik internasional semakin kokoh, kita telah menjadi pemimpin G20 yang berhasil," kata Jokowi  seperti dilihat di kanal YouTube Sekretariat Presiden (1/6/2024).

Jokowi lalu memamerkan peran Indonesia yang sukses menjadi Ketua ASEAN 2023. 

Baca juga: Hari Lahir Pancasila, Megawati: Pemimpin Berjuang Bukan untuk Kepentingan Pribadi

"Telah menjadi Ketua ASEAN yang sukses dan terus akan berkontribusi pada dunia termasuk melalui World Water Forum yang baru saja kita selenggarakan," ujar Jokowi.

Menurut Presiden, keaktifan Indonesia di dunia internasional tidak menyurutkan untuk berdikari di bidang ekonomi. 

Dia menyebut pemerintah juga saat ini tengah melakukan industrialisasi di dalam negeri dan melalui hilirisasi di berbagai sektor.

BERITA REKOMENDASI

"Kita terus perjuangkan kemandirian ekonomi termasuk melalui industrialisasi di dalam negeri dan melalui hilirisasi di berbagai sektor," tandas Jokowi.

Sederet menteri dan pejabat yang hadir, yakni Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Mendagri Tito Karnavian, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, serta Panglima TNI Agus Subiyanto Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono.

Adapun Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bertugas sebagai pembaca Pancasila, Ketua DPR RI Puan Maharani pembaca UUD 1945, serta Ketua Menko PMK Muhadjir Effendy sebagai pembaca doa. 

Baca juga: Hasto Gantikan Megawati Bacakan Amanat Pada Upacara Hari Lahir Pancasila di Ende NTT

Berikutnya, yang bertugas sebagai perwira upacara yaitu Kasdam I/Bukit Barisan Brigjen TNI Refrizal, juga komandan upacara yaitu Kombes Pol Andri Ananta Yudhistira selaku Dir Reskrimum Polda Jambi dan Kolonel Kav Yuli Eko Hadiyanto. Kemudian, Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Pusat bertugas sebagai pengibar bendera pada upacara hari ini.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas