Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rektor Unair Kembalikan Jabatan Prof Bus Sebagai Dekan Fakultas Kedokteran, Keduanya Berpelukan

Pencabutan ini diumumkan Prof Nasih usai salat asar berjamaah dengan Prof Bus, sapaan Prof Budi Santoso di Masjid Ulul Azmi Kampus C Unair.

Editor: Erik S
zoom-in Rektor Unair Kembalikan Jabatan Prof Bus Sebagai Dekan Fakultas Kedokteran, Keduanya Berpelukan
Kompas.com/Andhi Dwi
Rektor Universitas Airlangga (Unair), Prof. M. Nasih (kanan) dan Prof. Budi Susanto, Selasa (9/7/2024) 

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA -  Prof Dr dr Budi Santoso kembali mendapatkan jabatannya sebagai dekan Fakultas Kedokteran Unair (Universitas Airlangga).

Rektor Unair, Prof Moh Nasih mencabut surat pemberhentian Prof Dr dr Budi Santoso, Selasa (9/7/2024).

Pencabutan ini diumumkan Prof Nasih usai salat asar berjamaah dengan Prof Bus, sapaan Prof Budi Santoso di Masjid Ulul Azmi Kampus C Unair.

Baca juga: Dekan FK Unair dipecat dan alasan tersembunyi di baliknya - Seberapa mendesak Indonesia membutuhkan dokter asing?

Ditemui awak media, Prof Nasih tampak bergandengan dengan Prof Bus, mengumumkan bahwa pihaknya telah menerima surat tertulis dari Prof Bus.

"Kami bisa paham apa yang disampaikan Prof Bus. Karena ada alasan bagi kami untuk mengangkat beliau sebagai Dekan, ya kami angkat kembali," ungkapnya.

Sementara itu, terkait dasar pemberhentian jabatan Dekan FK yang menuai polemik sebelumnya, Prof Nasih berkilah masalah tersebut merupakan masa lalu yang tidak perlu diperbincangkan kembali.

"Itu masa lalu, yang penting sekarang kami fokus ke depan untuk Unair yang kami cintai," ucapnya.

BERITA TERKAIT

"Ini kan biasa saja. Jadi sampean ketemu, pacaran terus ada masalah apa tiba-tiba putus kan biasa kan. Jadi tidak usah baperan. Tapi insya Allah semua sudah oke, kami sudah baca surat Prof Bus dan sudah kami angkat kembali jadi Dekan FK," lanjut Prof Nasih.

Guru besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unair itu mengungkapkan, terhitung Rabu (10/7/2024), Prof Bus akan kembali aktif bekerja di FK Unair sebagai Dekan.

Sementara itu, Prof Bus mengungkapkan rasa lega dan terima kasihnya, karena telah menyelesaikan permasalahan dengan pihak Unair.

"Alhamdulillah semuanya sudah berakhir. Saya secara pribadi menghaturkan permohonan maaf kepada bapak rektor, mungkin saya bermaksud untuk mewakili diri pribadi tapi mungkin terlalu kelewatan, sehingga saya menggunakan institusi, ini yang mungkin salah saya. Alhamdulillah bapak rektor sudah memaafkan dan semuanya saya serahkan kembali ke bapak rektor," pungkasnya.

Baca juga: 5 Fakta Dekan FK Unair Dipecat usai Tolak Dokter Asing, Kampus Bantah hingga Dosen Ancam Mogok Kerja

Usai memberikan keterangan pada awak media, keduanya kemudian melanjutkan perjalanan ke Gedung Manajemen Unair atau Rektorat.

Jadi kontroversi

Pencopotan Prof Bus dari jabatannya sebagai dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair) masih menjadi kontroversi.

Aksi penolakan terhadap pencopotan Prof Budi Santoso dari kursi dekan menggema di kampus Unair di Surabaya.

Halaman
123
Sumber: Surya
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas